PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XII MA PESANTREN AL QAMAR DI TAKALAR

Authors

  • Rahmat Al Qadri Basri Universitas Negeri Makassar
  • Arnidah Universitas Negeri Makassar
  • Farida Febriati Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11408

Keywords:

Pengembangan Modul Digital Mata Pelajaran Geografi

Abstract

Permasalahan modul menjadi salah satu kebutuhan peserta didik yang mampu menghadirkan kemandirian belajar melalui smartphone maka dari itu peneliti mengembangkan modul digital geografi dengan tujuan untuk: 1) menganalisis tingkat kebutuhan modul digital 2) mendesain modul digital 3) mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan modul digital. Adapun model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, & evaluation). Penelitian ini dilakukan di MA Pesantren Al Qamar Di Takalar, adapun subjek dalam penelitian ini adalah 18 siswa kelas XII IPS, 1 guru mata Pelajaran geografi. Subjek penelitian ini yakni 2 orang validator yaitu validator isi dan media. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi ahli media dan ahli isi/materi, tanggapan guru mata pelajaran, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat kebutuhan siswa 73% berada pada kualifikasi  dibutuhkan, identifikasi kebutuhan guru mata Pelajaran 72 % berada pada kualifikasi dibutuhkan. Hasil validasi ahli isi yaitu 93, 75 % kualifikasi sangat baik serta hasil ahli media yaitu 100 % berada pada kualifikasi sangat baik . Hasil uji coba kepraktisan pada siswa berada pada 92 % kualifikasi sangat praktis dan guru mata pelajaraan geografi 93 % berada pada kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa modul digital sudah valid dan praktis.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 69–88.

Elvarita, Anna, Tuti Iriani, and Santoso Sri Handoyo. "Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta." Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil 9.1 (2020): 1-7.

Emilia, Ummi. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Digital pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa SMP Kelas VIII Tahun Pelajaran 2021/2022. Diss. 2021.

Kurniawan, C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21. Academia Publication. Lidayni, A., Arnidah, A., & Anwar, C. R. (2022). Pengembangan E-Modul Sex Education sebagai penguatan pendidikan karakter pada mahasiswa. Inovasi Kurikulum, 19(2), 263-276. Media in Biology Classroom. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1).

Merancang Modul Pembelajaran yang efektif dan menarik Uwes A. Chaeruman Nana, M. P. (2019).

Pengembangan Bahan Ajar. Penerbit Lakeisha. Nasution, I. S., Siregar, E. F. S., & Yuhdi, A. (2020).

Pemetaan Kebutuhan Nurhikmah, H., Tahmir, S., Junda, M., & Bena, B. A. N. (2018). Blended Learning

Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro

Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bengunan, Universitas Negeri Jakarta Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Digital Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa SMP Kelas VIII Tahun Pelajaran 2021/2022 Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Dengan Menggunakan Sigil Software Pada Materi Pembelajaran Fisika

Pengembangan Modul Digital Berbasisi Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran FIQIH (Materi Qurban Dan Aqiqah) Kelas IX MTS

Ponco Tri Wahyono_BAB II_PJKR2021 Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi, Y. (2017).

Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Gerak Benda di SMP.

Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326-332. Rayanto, Y. H., & Sugianti. 2020.

Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek.

Pasuruan: Lembaga Akademik & Research Institusi. Samsinar, S. (2020). Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194-205.

Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan pemanfaatan dan pengembangan bahan ajar digital berbasis multimedia interaktif untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.

Jurnal Karinov, 3(1), 53–57. Satriawan, N. (22, September 2020). Model Penelitian Pengembangan ADDIE. Retrieved from Ranah Research: Sari, B. K. 2017.

Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, (Online),

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta Tarigana, W. P. L., Sipahutar, H., & Harahapa, F. (2021).

The Effect of Interactive Digital Learning Module on Student’s Learning Activity and Autonomy. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 14(2), 196. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Werdiningsih, D. (2022). Literasi Sains Dan Materi Pembelajaran Bahasan Indonesia. CV Literasi Nusantara Abadi.

Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis flipbook maker Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728-3739

Wijayanti, P. S. (2018). Pengembangan bahan ajar digital bahasa inggris matematika dengan bantuan videoscribe melalui e-learning. Union, 6(2), 356794.

Yuliana, F. H., Siti Fatimah, and Ikbal Barlian. "Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro‖." Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi 8.1 (2021): 36-46.

Downloads

Published

2023-12-15