PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP SISWA KELAS V DI SDN 35 PAMMANU KABUPATEN LUWU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23694Keywords:
pelaksanaan, pembelajaran berdiferensiasi, sekolah dasarAbstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan sebuah pendekatan dalam pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan memperhatikan karakteristik serta kemampuan siswa dengan berorientasi pada kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi terhadap siswa kelas V di SDN 35 Pammanu Kabupaten Luwu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan purposive sampling. Pada tahap reduksi data, peneliti merangkum data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan beberapa data dasar. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru kelas V SDN 35 Pammanu Kabupaten Luwu melakukan perencanaan pembelajaran berdiferensiasi dengan memetakkan kebutuhan belajar peserta didik, menyiapkan sumber belajar yang bermacam-macam, asesmen yang beragam, dan pelengkap pembelajaran lainnya. Kemudian, terdapat beberapa metode pembelajaran berdiferensiasi yang digunakan di kelas V SDN 35 Pammanu Kabupaten Luwu antara lain: fleksibilitas dalam penugasan, kelompok kerja kolaboratif, materi pembelajaran yang diferensiasi, penggunaan teknologi pendidikan, pemberian umpan balik yang diferensiasi, penyesuaian waktu pembelajaran. Dalam penerapannya pembelajaran berdiferensiasi masih mengalami beberapa hambatan. Solusi yang dilakukan di antaranya dengan mengikuti pelatihan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka, guru harus mengenal siswa secara individu, guru merencanakan pembelajaran yang mengakomodasi perbedaan dalam pemahaman, tingkat kemampuan, gaya belajar, dan minat siswa, guru menggunakan metode pengajaran yang beragam, pentingnya kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua dalam pembelajaran berdiferensiasi.Downloads
References
Buku :
Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia
Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Universitas Negeri Padang.
Tomlinson, C.A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Tomlinson, C.A. (2003). Differentiated Instruction in the Regular Classroom: How to Reach and Teach All Learners, Grades 3-12. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Tomlinson, C.A., & Imbeau, M.B. (2010). Leading and Managing a Differentiated Classroom. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Tomlinson, C. A. (2014). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners. Ascd.
Tomlinson, C.A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Jurnal :
Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415-2422.
Creswell, J. W. (2002). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative (Vol. 7). Prentice Hall Upper Saddle River, NJ.
Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Jurnal jendela pendidikan. 01(02), 48–60.
Fauziati, E., Rohmah, W., & Muhibbin, A. (2023). Differentiated Learning: The Implementation of Student Sensory Learning Styles in Creating Differentiated Content. Jurnal Paedagogy, 10(2), 308.
Firmanzah, D., & Sudibyo, E. (2021). Implementasi Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp/Mts Wilayah Menganti, Gresik. Pensa E Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 165–170. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pens a/index
Herwina, Wiwin (2021). Optimalisasi Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan - journal.unj.ac.id http://doi.org/10.21009/PIP.352.1
Latifah, A., & Saputra, S. Y. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5811-5818.
Marantika, J. E., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas. German für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1-8.
Marlina, M., Kusumastuti, G., Makmur, N. A., & Nabilla, I. (2022). Improving the social skills of children with special needs through a tiered task-based station rotation learning strategy (experimental study in inclusive schools in West Sumatra). Jurnal Pendidikan Khusus, 18(1), 31-42.
Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 55-63.
Ni’mah, P. S., Prayito, M., & Sulianto, J. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Strategi Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas IV SDN Plamongansari 02. Journal on Education, 06(01), 4383–4390. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe .v6i1.3579
Purnawanto (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy. Volume 2 Nomor 1 Februari 2023
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529-535.
Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Citrawan, I. W. (2023). The special education teachers’ ability to develop an integrated learning evaluation of Pancasila student profiles based on local wisdom for special needs students in Indonesia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 44(2), 527–536. https://doi.org/10.34044/j.kjss.2023.44.2.23
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.