A PENGARUH PENERAPAN METODE STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V DI SD INPRES TAMANGAPA

Authors

  • A. Asbabul Mutawakkal Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
  • Farida Febriati Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
  • Arnidah Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23208

Keywords:

Metode, Storytelling, Keterampilan berbicara

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang Pengaruh Penerapan Metode Storytelling pada Siswa Kelas V di SD Inpres Tamangapa Kota Makassar dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif desain deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperimen dengan melibatkan siswa kelas V sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Penilaian pada penelitian ini dilakukan secara pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, nilai yang diperoleh kemudian dilakukan analisis data secara deskriptif dan inferensial yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa terhadap penerapan metode Storytelling. Penerapan metode Storytelling pada mata pelajaran bahasa Indonesia membuat siswa lebih tertarik belajar dan memudahkan siswa dalam menguasai materi pelajaran.

Downloads

References

Dhieni, Nurbiana dkk. 2019. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Syarifuddin, Nurliah. 2017. Pengaruh Model Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V MI Jamiatul Khaerat Kota Makassar (Online). Skripsi. Universitas Islam Alauddin Makassar.Tersediahttp://repositori.uinalauddin.ac.id/(Februari 2020)

Syamsuardi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2022). Metode storytelling dengan musik instrumental untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163-172

Downloads

Published

2025-03-09

Most read articles by the same author(s)