ANALISIS PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP MAHASISWA

Authors

  • Ammi Thoibah Nasution UIN Sunan Kalijaga
  • Abdul Munip
  • Puspo Rohmi
  • Vega Bintang Rizky

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11098

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan aspek penting dalam kemampuan berbahasa, termasuk dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Namun, terdapat tantangan dalam mengembangkan keterampilan berbicara pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Role Playing dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia dan mengevaluasi dampaknya terhadap pengembangan keterampilan berbicara mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester III Pendidikan Fisika FTIK UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta tahun ajaran 2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskrptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, analisis dokumen dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan metode Role Playing sangat efektif digunakan dalam mengembangkan keterampilan berbahasa khususnya keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap mahasiswa. Hal tersebut terlihat dari hasil observasi dan wawancara yang mengungkapkan bahwa penerapan metode Role Playing cukup bagus dan sangat efektif dalam mengembangkan keterampilan berbahasa khususnya keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap mahasiwa.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adela, F. M. (2022). Implementasi Metode Role Playing dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III Di MI Walisongo Jerakah Tahun Ajaran 2021/2022. Kajian Ilmu Sejarah & Budaya Apri, 1(1), 14–33.

Afifi, F. (2017). Pengaruh Penerapan Model Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Terpadu Di Kelas Iv Sd Negeri 2 Sukoharjo Ii Tahun Ajaran 2016/2017. Вестник Росздравнадзора, 4, 9–15.

Asriani. (2022). Penggunaan Metode Role Playing dalam Menstimulasi Kemampuan Berbicara Anak di Raudhatul Atfal Umdi Ujung Baru Kec. Soreang Kota ParePare.

Budianti, Y., & Permata, T. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Percaya Diri Siswa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn Buni Bakti 03 Babelan Bekasi. Pedagogik, 5(2), 44–56.

Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459.

Herman, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas Iv Mis Khoiru Ummah Pekanbaru. 01, 1–23.

Hidayat, lutfi M., Syaodih, E., & Zahara, R. (2016). Efektivitas Metode Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicarapada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiah 2 Sumbersari. Educare V, 4(2), 20.

Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 1(1), 211–222. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba

Ma’rufah Rohmanurmeta, F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Sekolah Dasar. Bahastra, 37(1), 24–31.

Maria Ulfah, S., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Berbicara. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 83–91. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17324

Nurfitra. (2020). Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV MI Istiqomah Pekanbaru Kecamatan Tampan. Global Health, 167(1), 1–5. https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitisation-theory-an-introduction/

Salsa Bella Anisa, Aisyah Amira Refah, Nasywa Eka Juniar, P. C. L. (2023). Upaya Mengatasi Slow Learner Dalam Pembelajaran Moral Dan Karakter Dengan Metode Role Playing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Suhardiman, A., Herianto, E., Basariah, Ismail, M., & Fatmawati, R. (2023). Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ppkn Kelas VII-1 Smpn 5 Praya. Jurnall Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 6213–6222.

Wardhani, P., Pratiwi, C. P., & Ashari, W. I. (2023). Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Pembelajaran Ular Berundak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 5 Di Sdn Maospati 3. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Downloads

Published

2023-12-07