EVALUASI PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SDN 2 KUTA TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Rahmatun Hidayah Universitas Mataram
  • Iva Nandya Atika Pendidikan Fisika FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Abdul Munip Magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11257

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, sehingga akan memeberikan dampak bagi kehidupan sehari-hari yang dimana dalam kehidupan sehari-hari melibatkan kemampuan membaca. Sehingga kemampuan membaca sangat penting untuk dikuasai oleh siswa. Untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, maka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan suatu terobosan yakni gerakan literasi sekolah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan gerakan literasi sekolah serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan gerakan literasi pada kemampuan membaca siswa di SDN 2 Kuta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah dan 6 guru wali kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SDN 2 Kuta masih berada pada tahap pembiasaan. Adapun perubahan yang disebabkan oleh adanya gerakan literasi sekolah terhadap kemampuan membaca siswa seperti siswa semakin lancar dalam membaca dan kemampuan siswa dalam memahami makna informasi semakin meningkat. Faktor pendukung pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SDN 2 Kuta yakni adanya pojok baca,perpustakaan, akses internet, dan bahan kaya teks di ruang kelas. Faktor penghambat pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SDN 2 Kuta yakni kurang dukungan dari wali murid dan buku bacaan yang terbatas sehingga menyebabkan minat baca siswa berkurang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N. A., Erwina, W., & Rohman, A. S. (2020). Peran Tenaga Perpustakaan dalam Mewujudkan Keberhasilan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri 02 Rajamandala. Jurnal Pustaka Budaya, 7(2), 105–112. https://doi.org/10.31849/pb.v7i2.4174

Anindya, El F. Y., Sri Suneki & Vertliana Purnamasari (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Vol. 3(2). Hal. 238-245

Emeralda, G.N., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Empati, 6(3), 154-159

Faizah, Dewi Utami dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Hartika, Lina., Asrin & Nurhasanah (2022). Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Dasar Berbasis Pendekeatan SAC Di SDN Gunung Borok. Jurnal ilmiah profesi pendidikan. Vol.7, Hal 2

Hasni, Liana., A. Hari Witono, & Baiq Niswatul Khair (2022). Peran Guru Dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Journal Of Classroom Action Research. Vol. 4(3). Http://Jppipa.Unram.Ac.Id/Index.Php/Jcar/Index

Iwayantri, Erni. 2019. Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Dampaknya Terhadap Upaya Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Di Smpn 2 Bojongsoang. Jurnal Bahasa Dan Sastra. Vol. 2(1).

Kurniawati, Risma Tri & Henny Dewi Koeswanti (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.

Lestari, D. A., Nisa, K., & Khair, B. N. (2022). Analisis Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah pada Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV di MI Raudlatul Jannah Al Ma’arif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 399–404. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.519

Lubis, Elfi.S. (2019). Peran Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Baha Indonesia Di Kelas V SDN 050718 Cempa. Jurnal Sintaksis. Vol.1(1)

Maryani, Ika & Siti Maryam (2017). Evluasi Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Wirobarjan 3 Kota Yogyakarta.

Muhsyanur. (2014). Membaca :Suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif. Yogyakarta: BUGINESE ART

Pernando, E. (2019). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis bagi Anak di Desa Kota Padang Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Ramadhani, Aulia Widya. (2019). Literasi Membaca Siswa Sd Negeri Mangkubumen Kidul 16. (Skripsi), Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10–19. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405

Retnaningdyah, P., Kisyani-Laksono, K., Setyorini, N. P., Sulastri, & Hidayati, U. S. (2019). Panduan GLS di SMP (2nd ed.). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Safitri, Vira. & Febriana Dafit (2021). Peran Guru Dalam Pelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol.5(3). Hal 1111-1682

Shela, Vonie. (2020). Pelaksanaan Program Literasi Di Sekolah Dasar Negeri 192 Pekanbaru. (Skipsi Sarjana, UIN Suka Riau, Pekanbaru). https://repository.uinsuska.ac.id/25242/2/SKRIPSI%20VONIE%20SHELA

Wijayanti, Sri Puput & Mulyono (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Di Sd Al-Irsyad Kota Sorong. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.2(2).

Downloads

Published

2023-12-14