ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR STATISTIK PADA MAHASISWA

Authors

  • Vega Bintang Rizky UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Murtono
  • Abdul Munip
  • Ammi Thoibah Nasution

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11184

Abstract

Statistik memiliki peran vital dalam mengembangkan pemahaman dan keterampilan analisis data, yang sangat diperlukan dalam berbagai disiplin ilmu. Namun, kenyataannya, minat belajar mahasiswa terhadap mata kuliah statistik seringkali rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang efektivitas model pembelajaran PBL dalam menumbuhkan minat belajar statistik pada mahasiswa, khususnya dalam mengatasi hambatan-hambatan yang umumnya dihadapi dalam kelas statistik di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan, data dikumpulkan melalui angket dan wawancara mendalam dengan mahasiswa, observasi langsung pada proses pembelajaran, dan analisis dokumen yang terkait dengan kurikulum dan materi pembelajaran. Hasil angket minat belajar mahasiswa dalam belajar statistik yang disebarkan pada mahasiswa menunjukkan bahwa dari 35% mahasiswa tanpa PBL meningkat menjadi 70% setelah menerapkan PBL. Data hasil observasi menyimpulkan adanya penerapan model PBL pada pembelajaran statistik ini mampu meningkatkan minat belajar mahasiswa. Peningkatan tersebut tidak hanya didasarkan dari pengamatan melainkan juga pengakuan mahasiswa dan juga hasil angket yang disebarkan. Hal ini mengindikasikan bahwa proses pembelajaran yang ada memiliki kontribusi yang berarti bagi peningkatan minat belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

annisa, Asrin, & Baiq. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Kuripan Tahun Ajaran 2021/2022.

Fauzan, M., Saleh, N. T., & Prabowo, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Model PBL dengan Metode Tutor Sebaya Pada Materi Statistika untuk Meningkatkan Ketuntasan Klasikal Siswa Kelas XII Mipa 1 SMAN 9 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 403–409. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Prisma/Article/View/28963

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355.

Inayah, S., Septian, A., & Komala, E. (2021). Efektivitas Model Flipped Classroom Berbasis Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 138–144.

Kabatiah, M. (2021). Efektivitas Pengintegrasian Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi Melalui Teknik Klarifikasi Nilai Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 65–73.

Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran di Sekolah. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207.

Purwati, S. W. (2022). Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad Ke-21 Siswa SMPN 1 Kedungpring Lamongan. Asanka: Journal Of Social Science And Education, 3(2), 155–176.

Raco, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Https://Osf.Io/Mfzuj/Download

Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.

Ririen, D., & Hartika, D. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Selama Masa Pandemi Covid-I9. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 148–155.

Sumarni, E., Adawiah, E. R., & Yurna, Y. (2023). Sarana Berpikir Ilmiah (Bahasa, Logika, Matematika Dan Statistika). Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 106–122.

Sunjono, S. (2023). Penerapan Model Countenance Stake sebagai Alat Evaluasi dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9278–9288.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jsc/article/view/7764

Downloads

Published

2023-12-08