PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI DASAR ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2023

Authors

  • Arida Oktaviani Universitas Mataram
  • I Wayan Karta PGPAUD FKIP Universitas Mataram
  • Ika Rachmayani PGPAUD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10863

Keywords:

Model Pembelajaran Saintifik, Literasi, Numerasi Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penerapan model pembelajaran saintifik terhadap peningkatan literasi dan numerasi dasar anak kelompok B. jenis penelitian yang digunakan eksperimen, pendekatan kuantitatif, dan one group pretest-posttest design dengan subjek penelitian 21 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan teknik analisis data berupa uji sampel berpasangan dengan bantuan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ada perbedaan perkembangan literasi dan numerasi dasar anak antara sebelum penerapan model pembelajaran saintifik dengan setelah penerapan model pembelajaran saintifik. Perkembangan literasi dan numerasi dasar anak setelah penerapan model pembelajaran saintifik lebih tinggi dari sebelumnya, ini dibuktikan dengan rata-rata hasil pre-test perkembangan literasi 49,85 dan rata-rata hasil post-test perkembangan literasi 72,09 hingga rata-rata hasil pre -tes perkembangan numerasi dasar 41,81 dan rata-rata hasil post-test perkembangan numerasi dasar 62,23. Disimpulkan, ada pengaruh penerapan model pembelajaran saintifik terhadap peningkatan literasi dan numerasi dasar anak kelompok B di TK Negeri 1 Labuapi. Diharapkan pada semua pihak yang berkomitmen untuk meningkatkan perkembangan literasi dan numerasi dasar pada anak usia dini dapat diselesaikan dengan menerapkan model pembelajaran saintifik. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Novrani, A., Caturwulandari, D., Purwestri, D., Annisa, E., Faridah, I., (2021). Buku Saku Pengembangan Literasi Untuk Anak Usia 5-6 Tahun.

Wardhani, B., Adi, E.S., Rengganis, N., Mariyam, L., Pratiwi, W.C., Wulandari. (2021). Buku Saku Pengembangan Numerasi Untuk Anak Usia 5-6 Tahun.

Jurnal :

Adinda, D.W., dkk. (2022). Profil Kemampuan Numerasi Dasar Siswa Sekolah Dasar Di SDN Mentokan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Mataram, Indonesia. Vol, 7 No. 3. 1066-1070.

Astuti, A.W., Syafrudin, U., Oktaria, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol. 6 No. 1. 2620-5270.

Calista, R., Yeni, I., Pransiska, R. (2019). Hubungan Pola Komunikasi Orang Tua terhadap Perkembangan Berbicara Anak di Raudathul Athfal Ikhlas Gunung Pangilung Padang, Jurnal Pendidikan Tambusai. 3(6). 1633-1638.

Hasanah, A.W., dkk. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Steam dan Lose Parts untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Siswa. Jurnal Riset Humaniora dan Ilmu Pendidikan. Program Studi Magister Pendidikan Dasar. Universitas PGRI Semarang, Vol. 2 No. 1. 42-54.

Hidayatussolialihah, Karta, I.W., dan Rachmayani, I. (2022), Deskripsi Kemampuan Literasi Anak Kelompok B di PAUD Negeri Kecamatan Palibelo Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 7 No.4.

Hutabarat, R.M (2021). Kegiatan Literasi di PAUD Petra Sion Indonesia Menggunakan Media Whatsapp. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI), 3,55-60.

Juniawan, I.M.E., dkk (2020). Pengaruh Pembelajaran Saintifik Berbasis Literasi Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Hasil Belajar Pelajaran Kelompok Sosial Humaniora Siswa Kelas V SD di Gugus 1 Kuta. Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia. Vol. 4 No. 1. ISSN: 2613-9553.

Khaironi. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childood Islamic Education Journal, 3(1), 1-2.

Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Sleman: Penerbit Deepublish.

Kurniasih, E.S. (2023). Pengaruh Pendekatan Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Baca, Tulis dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Universitas Panca Sakti. Vol. 2, 398-498.

Marwah. (2022). Stimulasi Kemampuan Bercerita Anak Melalui Media Boneka Tangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3 (1). 34-42).

Maulyda, M.A., Afandi, L.H., Rosyidah, A.N.K., Oktaviyanti, I., Erfan, M. & Hamdani, I. (2021). Profil Wawasan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Numerasi Berbasis Level Kemampuan SIswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4 (3).

Mudana, I.G.A.M.G. (2020). Pembelajaran Literasi Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Mata Pelajaran Siswa Indonesia di Sekoah Dasar. STAH Mpu Kuturan Singaraja.

Nurhakim, A. (2022). Model Pembelajaran Saintifik: Tujuan, Contoh dan Langkah Penerapannya. Yogyakarta.

Padmadewi, N.N., dan Artini, L.P (2018). Literasi di Sekolah dari Teori ke Praktik Bandung: Nilacakra Publishing House.

Rahim, A.R (2020) Seminar Mengoptimalkan Golden Age Anak. Jurnal of Community Service. Vol.2 No. 4. E-ISSN 2716-5140.

Rohma, D.N. (2022). Penerapam Literasi Dasar Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Kartu Kata Bergambar Pada Kelompok B di TK Dharma Wanita 68. Banyuwangi, Indonesia.

Sari, L.P., Affandi, Hamdian, L., Oktaviyanti. Lisna. (2022). Analisis Numerasi Siswa Ngolang Pasca Program Semua Anak Cerdas (SAC). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.

Setiawan, R. (2022) Memahami Teori Belajar Kognitif.

Sihombing, N., Rangkuti, D., Friska, N. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Keterampilan Berbicara Anak di PAUD Bina Produktivitas Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022. JPPT. 4(1). 49-59.

Sriwarthini, N.L.P.N., Rachmayani, I., Sativa, F.E. (2022). Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4 No. 6 E-ISSN: 2685 dan P-ISSN: 26785-9351

Sugiyono, (2022). Metode Penelitian Kuantitatif cetakan ke 3. Bandung:Alfabeta.

Sugiharni, G. A. D. (2017). Validitas Isi Instrumen Pengujian Modul Digital Matematika Diskrtit Berbasis Open Sorce di STIKOM BALI. E-Proce edings KNS&I STIKOM BALI. 678-684.

Suja. I.W. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. 1-9

Utami, T. (2022) Penanaman Kompetensi Inti Melalui Pendekatan Saintifik di PAUD Terpadu An-Nuur. Program STudi PAUD IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2580-4197.

Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jember, Indonesia. Vol. 6 No. 6. 5840-5849.

Widiastuti, E., dkk. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 6 No.2.

Wulandari, C. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Universitas Negeri Semarang.

Zati, V.D.A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Universitas Negeri Medan. Vol.4 No.1.

Downloads

Published

2023-11-14

Most read articles by the same author(s)