T TANDORA: KOMODIFIKASI SENI BERBASIS KEARIFAN BUDAYA LOKAL

Authors

  • Hani Aliya Wardani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofi Mutiara Insani PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Adelia Zahra PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Laras Silvia BISNIS DIGITAL Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Rosarina Giyartini Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10791

Keywords:

kearifan budaya lokal,, kesenian, komodifikasi

Abstract

Seni berkaitan dengan ekspresi kreatif yang sering kali berakar dalam nilai-nilai, tradisi, dan kearifan budaya lokal. Akan tetapi, pengaruh budaya populer luar negeri yang semakin dominan membuat minat masyarakat terhadap seni dan budaya semakin menurun. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana komodifikasi seni berbasis kearifan budaya lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur, semua data yang dikumpulkan berasal dari jurnal, buku ataupun sumber lainnya. Dalam seni, kearifan budaya lokal menjadi inspirasi utama yang mencerminkan identitas dan akar budaya suatu komunitas. Seni yang berasal dari kearifan budaya lokal memiliki nilai budaya, sejarah, dan makna khusus bagi masyarakat tersebut. Komodifikasi kesenian daerah menjadi hal yang sangat penting. Mengingat di Indonesia memiliki banyak suku dan budaya menjadikan kesenian daerahnya sangat beragam. Adanya komodifikasi mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan seni dan juga menjadi salah satu upaya untuk melestarikan budaya. Maka dari itu, Tandora hadir sebagai komodifikasi seni budaya lokal di Kelurahan Sukamaju Kidul, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprianti Muthia, Dewi Anggraeni Dewi, & Furnamasari Furi Yayang. (2022). Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi terhadap Identitas Nasional. EDUMASPUL Jurnal Pendidikan, Vol. 6 No.(2580–0469), 996–998.

Arnita, T. (2016). Apresiasi seni: Imajinasi dan kontemplasi dalam karya seni. Penelitian Guru Indonesia-JPGI, 1(1), 52.

Eka Safliana. (2008). Seni dalam perspektif islam. Islam Futura, VII(1), 100–107.

Gusnandi, D. (2019). KOMODIFIKASI SENI TRADISIONAL SUNDA SEBAGAI DAYA TARIK WISATA BUDAYA DI KOTA BANDUNG. Akrab Juara, 1(1), 14–22.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56

Herminingrum, S. (2021). Kearifan lokal masyarakat tradisional Gunung Kelud. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Husna, H., Indriani, M., Mukarromah, M., & Khaliq, R. (2022). Nilai Nilai Kearifan Lokal Generasi Millenial di Kota Banjarmasin. Al-Hiwar: Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah, 10(1), 29-37.

Octavia, S. S., & Nurlatifah, L. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Budaya Lokal. 487–497.

Raharja, A. D., Selvia, M., & Hilman, C. (2022). Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan yang Relevan dalam Mengatasi Permasalahan Global. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 85–89. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.215

Rahma, M. P. (2022). FILOSOFIS DAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM SELOKO ADAT MELAYU JAMBI SEBAGAI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT MELAYU JAMBI. KRINOK| Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 1(3), 65-73.

Sari, I. (2019). STRATEGI KEBUDAYAAN PEMBANGUNAN KEBERAGAMAAN DI INDONESIA: Mempertegas Kontribusi Kearifan Budaya Lokal Dalam Masyarakat Berbhinneka. Studia Sosia Religia, 2(2), 63–77. https://doi.org/10.51900/ssr.v2i2.6487

Sekar Ainaya Callula, Pinkan Saladina Nolani, & M. Ridwan Ramadhan. (2022). Strategi Mempertahankan Budaya Ondel-ondel dalam Revitalisasi Kebudayaan Betawi. Arif: Jurnal Sastra Dan Kearifan Lokal, 1(2), 304–317. https://doi.org/10.21009/arif.012.08

Sinapoy, M. S. (2018). Kearifan Lokal Masyarakat Adat Suku Moronene dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Halu Oleo Law Review, 2(2), 513. https://doi.org/10.33561/holrev.v2i2.4513

Sobandi, B., & Triyanto. (2020). Paradigma Pendidikan Seni Rupa Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Imajinasi, XIV(2), 71–80. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi

Yusuf, M. F. (2016). Komodifikasi: Cermin Retak Agama Di Televisi: Perspektif Ekonomi Politik Media. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 1(1), 25. https://doi.org/10.18326/inject.v1i1.25-42

Zakky. (2019). Pengertian Seni Lukis Beserta Definisi , Tujuan , dan Unsur-Unsurnya. Institutional Repository, 2. http://lib.isi.ac.id/

Downloads

Published

2023-11-15