POP UP PINK STORY BOOKLET : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BERBASIS MONTESSORI UNTUK SISWA DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kania Nur Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Tasikmalaya
  • Eka Amalia Lestari PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kamda Tasikmalaya
  • Sofi Mutiara Insani PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kamda Tasikmalaya

Keywords:

education, anak usia dini, kelas 1, montestori, pop up book

Abstract

ABSTRACT This research is aims to facilitate the reading skills of grade 1 elementary school students using Montessori-based Pop Up Book media. The research method used is EDR ((Educational Design Research) with a mixed method research type. The instruments in this study are media expert validation sheets, learning design experts and material experts, student response questionnaire sheets and teacher response questionnaires and observation sheets. Students' learning motivation increases with pop-up media, seen from the student response questionnaire. Based on data analysis of media expert assessment, material expert assessment, learning design expert assessment and educators, this media is suitable for use in learning with revisions according to suggestions. Student responses showed 94% liked the media and felt helped in reading activities.Thus, the pop-up pink story booklet meets the criteria to be used as an effective and interesting learning media for students in grade 1 elementary school. Keywords: Beginning Reading, Montessori, Pop-Up Book ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memfasilitasi keterampilan membaca siswa kelas 1 Sekolah Dasar menggunakan media Pop Up Book berbasis Montessori. Metode penelitian yang digunakan adalah EDR ((Educational Design Research) dengan jenis penelitian mixed method. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, ahli desain pembelajaran dan ahli materi, lembar angket respon siswa dan angket respon guru serta lembar observasi. Motivasi belajar siswa meningkat dengan media pop-up, terlihat dari angket respon siswa. Berdasarkan analisis data penilaian ahli media, penilaian ahli materi, penilaian ahli desain pembelajaran serta tenaga pendidik media ini layak digunakan dalam pembelajaran dengan revisi sesuai saran. Respon siswa menunjukkan 94% menyukai media tersebut dan merasa dibantu dalam kegiatan membaca. Sehingga, pop-up pink story booklet memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa di kelas 1 Sekolah Dasar. Kata Kunci: Membaca Permulaan, Montessori, Pop-Up Book

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainun, F. P., Mawarni, H. S., Sakinah, L., Lestari, N. A., & Purna, T. H. (2022). Identifikasi Transformasi Digital Dalam Dunia Pendidikan Mengenai Peluang Dan Tantangan Di Era Disrupsi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1570-1580.

Artana, I. K. (2016). Upaya menumbuhkan minat baca pada anak. Acarya Pustaka, 2(1), 1-13.

Azkia, N., & Rohman, N. (2020). Analisis Metode Montessori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sd/Mi. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1-14.

Chandra, R. D. A. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif untuk Mengenalkan Huruf Vokal a, i, u, e, o pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun PAUD Labschool Jember. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1).

Hanifah, T. U. (2014). Pemanfaatan media pop-up book berbasis tematik untuk meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik anak usia 4-5 tahun (studi eksperimen di TK negeri pembina bulu temanggung). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2).

Harsono, A. S. R., Fuady, A., & Saddhono, K. (2012). Pengaruh strategi know want to learn (KWL) dan minat membaca terhadap kemampuan membaca intensif siswa SMP negeri di Temanggung. Basastra, 1(1), 142-152.

Lidinillah, D. A. M. (2012). Educational design research: a theoretical framework for action. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.

Maryani, K. (2020). Penilaian dan pelaporan perkembangan anak saat pembelajaran di rumah di masa pendemi covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 41-52.

Nasution, F., Wulandari, R., Anum, L., & Ridwan, A. (2023). Variasi Individual dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 146-156.

Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Educational design research, 11-50.

Rahmawati, N. (2014). Pengaruh media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Putera Harapan Surabaya. Paud Teratai, 3(1).

Raja, J. M. B., Fahik, M. P., & Negara, I. P. Y. (2023). Pentingnya Edukasi Literasi Anak Diusia Dini. In Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK) (Vol. 6).

Sari, D. D., & Rini, T. P. W. (2022). Pengembangan Buku Membaca Ala Montessori Untuk Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 7, No. 2).

Umam, A. K. (2017). Dukungan Lingkungan Literasi Keluarga Muslim Terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Latin Dan Arab (Alqur’an) Serta Perkembangan Akademik Anak. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 1-12.

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan pop up book bahasa indonesia berbasis budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal pendidikan dasar, 1(02), 1-11.

Vina, I. A. A., Itriani, L. A., Rahman, D., Diana, D., Hadiansyah, L. M., & Herianto, E. (2023). Eksplorasi Kreatif Melalui Pengintegrasian Kebhinekaan Seni Visual Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMAN 1 TERARA. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(4), 2403-2411.

Downloads

Published

2024-03-17

Most read articles by the same author(s)