PEMANFAATAN MEDIA BURITA (BUKU CERITA DIGITAL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA SD NEGERI SELO

Authors

  • Dini Annisa Nurbaety Elsola Dini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Siti Rochmiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10366

Keywords:

cerita digital, minat, membaca, sekolah dasar

Abstract

Membaca merupakan hal kunci untuk dapat memperoleh informasi, membuka dan memperluas wawasan serta pengetahuan seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara pemanfaatan media buku cerita digital untuk meningkatkan mambaca siswa SD Negeri Selo. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan pendekatan Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan angket minat membaca. Pada siklus I diperoleh hasil bahwa 50% siswa memiliki kesenangan membaca, 42% siswa memiliki perhatian membaca, 45% siswa yang memiliki kesadaran manfaat membaca, dan 40% siswa yang memiliki frekuensi membaca konsisten. Pada siklus II diperoleh hasil bahwa 90% siswa memiliki kesenangan membaca, 72% siswa memiliki perhatian membaca, 60% siswa yang memiliki kesadaran manfaat membaca, dan 80% siswa yang memiliki frekuensi membaca konsisten. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media buku cerita digital dapat meningkatkan minat membaca siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Faiz, Aiman, Anggista Putri Novyhalia, Hasna Sausan Nissa, Suweni, Teti Himayah, Shindy Damayanti. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 di SDN 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas 7(1): 61.

Gita Amanda. (2023). Nadiem: Meningkatkan Literasi Bangsa Harus dengan Cara Terintegrasi. Berita republika. Diakses dari https://news.republika.co.id/berita/rqya8j423/nadiem-meningkatkan-literasi-bangsa-harus-dengan-cara-terintegrasi.

Hapsari, Yuniar Indri, Iin Purnamasari, dan Veriliyana Purnamasari. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesia Journal of Educational Research and Review 2(3): 375.

Makdis, Nasrul. (2020). Penggunaan E-Book pada Era Digital. Al-Maktabah 19(01): 81-82.

Mansyur, U. (2018). Korelasi Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UMI. Multilingual: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan 17(1): 11-22.

Downloads

Published

2023-11-02

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>