PENERAPAN PEMBELAJARAN ABAD 21 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10547Keywords:
pembelajaran abad 21, discovery learning, berpikir kritis, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran abad 21 menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD Negeri Selo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian adalah hasil ulangan harian, jawaban LKPD, jurnal pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpul data meliputi tes (lisan dan tertulis), instrumen penelitian berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, siswa mampu bekerja sendiri dan mampu memecah permasalahan sendiri sehingga siswa lebih cepat dan mudah untuk mengingat materi pelajaran tersebut. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada siklus I mencapai 65,20 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata yaitu 80,40.Downloads
References
Aprilianti, L. Irawati, S & Kasrina. (2018). Peningkatan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2(1): 58-67.
Ewid Nur Anisa. (2017). Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa. 6 (2).
Dimas Risqi Pangaribowo. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Permainan Smart Case Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C SMP Kristen 2 Salatiga. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi. 10 (1). Diakses pada https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi/article/view/10142
Kemdikbud. (2020). Modul 05 Penerapan Pembelajaran Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Naila Ayadia. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Scientific Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Ngulmi Hamidah. (2019). Discovery Learning: Penerapan Dalam Pembelajaran IPA Berbantuan Bahan Ajar Digital Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Veteran. 3 (1). Diakses pada https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/770
Oemar Hamalik. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.