PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN RANGKAIAN LISTRIK

Authors

  • Amirudin SD Negeri Sendang
  • Daimul Hasanah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.9987

Abstract

Salah satu alasan mengapa siswa sekolah dasar tidak mengalami peningkatan yang signifikan dalam pemahaman mereka terhadap konsep-konsep ilmiah adalah karena pendekatan pengajaran yang sering dipakai masih berpusat pada guru, bukan berpusat pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas sains atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pesertanya adalah siswa kelas VI SD Negeri Sendang yang berjumlah 18 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Metode kuantitatif deskriptif dipakai untuk menganalisis data. Hasil belajar siswa pada kelas IPA pokok bahasan rangkaian listrik meningkat ketika menggunakan model Discovery Learning. Meningkatnya rerata dan persentase ketuntasan belajar merupakan indikasi dari berhasilnya penelitian ini. Persentase siswa yang tuntas belajar meningkat dari 61,1% pada siklus I menjadi 77,7% pada siklus II dengan nilai rerata siswa juga mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata 75,14 pada siklus I meningkat menjadi 78,6 pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdjul, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 343. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.343-348.2022

Ariyani, E. (2019). Penelitian tindakan kelas : classroom action research (cetakan pe). Deepublish.

Dewi, U. K., & Silva, P. S. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning Pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(6), 1021–1028.

Endang, E., Anse, L., & Suardika, I. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 5 Pasir Putih. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 38. https://doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13698

Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sd. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478

Fitriyah, F., Murtadlo, A., & Warti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi, 9(2), 108–112. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1898

Haryadi, J., & Pratiwi, S. (2021). Implementasi Model Discovery Learning Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(2), 56–62. https://doi.org/10.30743/mes.v6i2.3730

Hendrizal, H., Puspita, V., & Zein, R. (2021). Efektifitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Usia 7-8 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 642–651. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1280

Kharijah, S. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN Noreh 1 Sreseh Sampang. Jurnal Pendidikan, 5–21.

Khasanah, S. (2020). Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam. Siti Khasinah, 402–410.

Kristin, F. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1), 90 – 98.

Kurniawati, E. (2021). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sd. 1–47.

Kusumastuti, N. (2022). Penerapan Metode Discovery Learning Sebagai Cara Meningkatkan Keaktivan Siswa Untuk Menemukan Rumus Sudut Rangkap Materi Trigonometri. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 4(2), 159–168. https://doi.org/10.33503/prismatika.v4i2.1872

Mukaramah, M., Kustina, R., & Rismawati. (2020). Analisis Kelebihan dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Media Audiovisual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.

Ningsih, S. C., & Pramaeda, T. D. O. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan E-Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 116–130. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.5576

Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M. P. (2019). Guru dalam implementasi kurikulum 2013 : jadilah guru profesional atau tidak sama sekali (Anang Solihin Wardan (ed.); Cetakan ke). Remaja Rosdakarya.

Purwanto. (2008). Instrumen penelitian sosial dan pendidikan: pengembangan dan pemanfaatan. Pustaka Pelajar, 53(9), 1689–1699.

Risnawati, M., Sudrajat, A., & ... (2022). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371–380. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/view/230%0Ahttps://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/download/230/152

Rochmawati, Y. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia (JRPI), 2(April), 630–635. https://doi.org/10.5281/zenodo.7675870

Setiyowati, P., & Panggayuh, V. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan video scribe sparkol terhadap hasil belajar smk perwari tulungagung kelas X tahun ajaran 2017/2018. Joeict (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(1), 12–21. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/joeict/article/view/694

Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 07. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 76. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.408

Sinaga, T. A. B. (2021). Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X.Iis.2 Sma Negeri 3 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 64–73. https://doi.org/10.51878/language.v1i1.439

Downloads

Published

2023-11-02