STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER DISIPLIN BERBASIS KULTUR SEKOLAH

Authors

  • Jati Purnama Achmad Sultan Ageng Tirtayasa University
  • Sholeh Hidayat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10009

Abstract

Lingkungan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi pembentukan dan perkembangan akhlak, perilaku, karakter, dan sifat perilaku individu. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis perencanaan dalam pengembangan karakter disiplin berbasis kultur sekolah di SDIT Assa’adah Global Islamic School, menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan karakter disiplin berbasis kultur sekolah tersebut, menganalisis proses pelaksanaan pengembangan karakter disiplin berbasis kultur sekolah tersebut dan, kultur kedisiplinan peserta didik di SDIT Assa’adah Global Islamic School. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa 1) disiplin yang dilakasnakan di sekolah akan berdampak positif karena pendisiplinan yang terbentuk melalui lingkungan yang baik sehingga peserta didik beradaptasi melalui pembelajaran yang relevan dan sesuai dengan kebutuhannya. 2) melalui peran teladan yang berada di lingkungan yang tepat juga akan mempengaruhi peserta didik untuk berdisiplin karena salah satu ciri manusia adalah kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan, salah satu cara untuk beradaptasi adalah dengan melihat contoh dan teladan yang sudah berhasil beradaptasi pada lingkungan yang ada di sekolah. 3) Peran budaya sekolah dan keterlibatan semua pemangku kepentingan sekolah dapat menciptakan budaya yang mendorong karakter disiplin untuk menjadi karakter yang lebih konsisten dan kuat di kalangan peserta didik. Pengembangan karakter disiplin berbasis kultur sekolah memiliki dampak positif dalam membentuk individu yang siap menghadapi tantangan dunia dengan sikap positif, beretika dan bertanggung jawab. 4) kedisiplinan mendukung pembentukan hubungan sosial yang positif dan sehat, peserta didik yang disiplin cenderung lebih kooperatif, empatik, dan mampu menjaga interaksi yang bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka. Jakarta.

Alma, B. (2019). Pendidikan dan pendidikan Islam. Alfabeta. Bandung

Bayu. P. S. (2017). Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Magistra, 1(101), 1–10.

Barell. J. (2018). Problem Based Learning: An Inquiry Approach. Corwin Press. London

Budi. F. dkk. (2020). Pendidikan Karakter Dan Nilai Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 75–81.

Covey, S. R. (2018). The 7 Habits of Highly Effective People: Powerful Lessons in Personal Change. Free Press. London.

Danim, S. (2019) Pedagogi, Andragogi, Dan Heutagogi. Alfabeta. Bandung

Desmita. (2018). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya. Bandung

Gokhale. (2019). Collaborative Learning Enhance Critical Thinking. Journal of Technology Education. 7(1), 25-32. https://doi.org/10.21061/jte.v7i1.a.2

Hamalik. O. (2019) Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara. Jakarta

Havighurst, R. J. (2019) Development Task and Education. McKay Publishing. New York

Hidayat. S. (2018) Pengembangan Guru Profesional. Remaja Rosdakarya. Bandung

Lestari, S. (2020). Pengembangan Karakter Berbasis Budaya sekolah. Pilar Nusantara. Semarang

Lickona, T. (2017). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. New York

Lickona, T. (2018). Character Matters How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues Terjemahan Bahasa Indonesia. Bumi Aksara. Bandung

Mulyasa. (2018 Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya. Bandung

Mulyasa, H.E. Anang Solihin Wardan. (2016.). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya. Bandung

Reski Niko. (2017). Konsep Diri Dan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Educatio, Jurnal Pendidikan Indonnesia, 3(2), 85–91.

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Sudrajat, A. (2018). Kultur sekolah Dan Pendidikan Karakter. Intan Media. Yogyakarta

Suwardani Ni. (2020). “Quo Vadis” Pendidikan Karakter : Dalam Merajut Harapan Bangsa Yang Bermartabat. UNHI PRESS. Denpasar

Sukardi, D. Ketut. (2018). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Penyuluhan Di Sekolah. Usaha Nasional. Surabaya

Tatang. S. (2018). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Pustaka Setia. Bandung. Media Nusa Creative. Malang

Tu’u. T. (2018). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Grasindo. Jakarta

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Dasim Budimansyah, dan. (2018). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(1), 286-295

Zubaedi. (2017). Desain Pendidikan Karakter. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Downloads

Published

2023-09-06

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>