Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Jurnal LITIGASI  (p-ISSN: 0853-7100; e-ISSN: 2442-2274;  http://journal.unpas.ac.id/index.php/litigasi) adalah jurnal peer-review diterbitkan oleh Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung dengan frekuensi penerbitan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Litigasi mengandung makna sangat spesifik (superspesialis), yaitu proses penyelesaian sengketan hukum melalui jalur peradilan.


Jurnal LITIGASI adalah Jurnal Nasional elektronik, yang memiliki visi dalam pengembangan ilmu hukum, serta harmonisasi antara hukum positif Indonesia dengan realitas yang terjadi di masyarakat.


Redaksi Jurnal LITIGASI memuat Artikel karya orisinal dan ilmiah serta memiliki nilai kebaruan dalam bentuk, Hasil Penelitian, Artikel Lepas, Artikel Ulasan  dan Artikel Resensi Buku yang sesuai dengan sistematika penulisan kategori masing-masing artikel yang telah ditentukan redaksi.


1. Pedoman Penulis Secara Umum


Artikel yang dikirim ke Redaksi Jurnal Litigasi Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung, terdiri atas 30-50 halaman dengan format A4 spasi ganda. Artikel yang masuk dilengkapi biodata penulis, meliputi: Nama, asal perguruan tinggi, alamat email, nomor telepon dan kualifikasi keilmuan, riwayat pendidikan. Semua halaman artikel, termasuk table, lampiran dan referensi harus diberi nomor urut halaman. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut, judul dan sumber kutipan.


Semua artikel harus diserahkan kepada Editorial Jurnal LITIGASI Fakultas Hukum Universitas Pasundan secara  online di alamat Portal E-Journal: http://journal.unpas.ac.id/index.php/litigasi/about/submissions, dimana penulis mendaftar sebagai Penulis dan / atau ditawarkan sebagai Pengulas secara online. Jika penulis memiliki masalah pada pendaftaran online, silakan hubungi Kantor Redaksi di email berikut: litigasi@unpas.ac.id.


2. Penulisan Judul, Nama dan Alamat Penulis


Judul artikel, nama penulis (tanpa gelar akademis), dan alamat afiliasi penulis (ditulis rata kiri kanan atau Justify) pada halaman pertama di bawah judul artikel. Jarak antar baris antara judul dan nama  penulis adalah 2 spasi, sedangkan jarak antara nama penulis dan alamat afiliasi penulis adalah 1 spasi.


Penulisan judul harus dituliskan secara singkat, jelas, menarik, cukup mutakhir dan tidak melebihi 14 kata. Judul harus menunjukan dengan tepat masalah yang hendak dikemukakan, tidak memberi peluang penafsiran yang beraneka ragam, ditulis seluruhnya dengan huruf kapital secara simetris. Judul artikel tidak boleh mengandung singkatan kata yang tidak umum digunakan. Judul tidak boleh memberikan kesan cakupan artikel yang bersifat lokal.


Penulis Penanggungjawab atau Penulis Korespondensi atau Corresponding Author harus ditandai dengan tanda asterisk diikuti tanda koma “*)”. Di bagian bawah kolom kiri halaman pertama/abstrak harus dituliskan tanda Penulis Penanggungjawab atau Penulis Korespondensi atau Corresponding Author dan dituliskan pula alamat emailnya (lihat contoh). Komunikasi tentang revisi artikel dan keputusan akhir hanya akan dikomunikasikan melalui email Penulis Korespondensi.


Jika penulis lebih dari satu, tuliskan nama-nama penulis dengan dibagian bawah penulis utama. Jika nama penulis terdiri dari dua kata, kata pertama penulis (first name) sebaiknya tidak disingkat. Jika nama penulis hanya terdiri dari satu kata, tuliskan nama sebenarnya dalam satu kata, namun demikian di versi online (HTML) akan dituliskan dalam dua kata yang berisi nama yang sama (berulang) untuk keperluan indeksasi metadata (Camdali & Tunc, 2006; Fridman, 2008).


3. Petunjuk Khusus Penulisan Isi Naskah


Sistematika penulisan dikualifikasikan dengan beberapa kategori artikel yaitu: Artikel sebagai hasil penelitianartikel ulasan dan artikel resensi tulisan dalam buku. Adapun Sistematika untuk penulisan untuk masing-masing kategori artikel adalah sebagai yaitu berikut :


A.SISTEMATIKA PENULISAN ARTIKEL HASIL PENELITIAN


JUDUL ARTIKEL (Maksimal 14 kata)


Nama Penulis


Alamat Afiliasi Penulis


ABSTRAK


Abstrak dibuat dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia maksimal 200 kata. Kata kunci harus dituliskan di bawah teks abstrak untuk masing-masing bahasa, disusun urut abjad dan dipisahkan oleh tanda titik koma dengan jumlah kata 3-5 kata. Abstrak ditulis satu spasi dan dalam satu paragraf.


I. PENDAHULUAN


Bagian pendahuluan harus memuat (secara beraturan) latar belakang umum, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, pernyataan kebaruan ilmiah, dan perumusan masalah atau hipotesis. Di dalam format artikel ilmiah baik pada bagian pendahuluan maupun pada bagian lainnya, tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu (state of the art) untuk menunjukan kebaruan ilmiah artikel tersebut. Uraian pendahuluan harus memiliki relevansi dengan judul artikel.


II. METODE PENELITIAN


Metode penelitian menguraikan metode yang digunakan dalam menjawab permasalahan atau pemecahan permasalahan. Metode yang diuraikan di sini, antara lain meliputi : spesifikasi penelitian, materi penelitian, lokasi penelitian, data yang digunakan, teknik pengumpulan data, teknik pengolahan data dan analisis data.


III. HASIL PENELITIAN DAN ANALISIS


Hasil penelitian dan analisis berisi hasil-hasil temuan penelitian dan pembahasannya yang merupakan hasil analisis secara ilmiah. Tuliskan temuan-temuan ilmiah (scientific finding) yang dieroleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan tetapi harus ditunjang leh data-data yang memadai. Hasil penelitian kemudian harus dianalisis dan  dijelaskan secara saintifik meliputi: Apakah temuan ilmiah yang diperoleh? Mengapa hal itu bisa terjadi? Mengapa terjadi trend variabel seperti itu? Semua pertanyaan tersebut harus dijelaskan secara saintifik. Selain itu baiknya juga dijelaskan perbandingannya dengan hasil-hasil para peneliti lain yang hampir sama topiknya. Hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab hipotesis penelitian atau rumusan masalah di bagian pendahuluan. Oleh karena itu sebaiknya uraian pada bagian ini terbagi dalam beberapa sub sesuai dengan rumusan masalah pada pendahuluan. Bagian ini pada prinsipnya adalah uraian yang memfokuskan kepada upaya-upaya untuk menjelaskan dan menjawab rumusan masalah secara lengkap, sistematis dan terarah.


IV SIMPULAN DAN SARAN


Simpulan menggambarkan jawaban dari hipotesis dan/atau rumusan masalah atau temuan ilmiah yang diperoleh. Simpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan analisis, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan dari dilakukannya penelitian atau hipotesis. Di bagian akhir diuraikan juga hal-hal yang tidak dapat dijawab oleh simpulan berupa usulan, tanggapan terhadap hasil penelitian.


DAFTAR PUSTAKA


Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan sebaiknya berjumlah minimum 80% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap artikel paling tidak berisi 10 (sepuluh) daftar pustaka acuan. Penulisan sistem rujukan di dalam teks artikel dan penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, atau Zotero, atau lainnya.


B. SISTEMATIKA ARTIKEL ULASAN


JUDUL ARTIKEL (Maksimal 14 kata)


Nama Penulis


Alamat Afiliasi Penulis


ABSTRAK


Abstrak dibuat dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia maksimal 200 kata. Kata kunci harus dituliskan di bawah teks abstrak untuk masing-masing bahasa, disusun urut abjad dan dipisahkan oleh tanda titik koma dengan jumlah kata 3-5 kata. Abstrak ditulis satu spasi dan dalam satu paragraf.


I. PENDAHULUAN


Bagian pendahuluan harus memuat (secara beraturan) latar belakang umum, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel ulasan, pernyataan kebaruan ilmiah, dan perumusan masalah atau hipotesis. Di dalam format artikel ilmiah baik pada bagian pendahuluan maupun pada bagian lainnya, tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu (state of the art) untuk menunjukan kebaruan ilmiah artikel ulasan tersebut. Uraian pendahuluan harus memiliki relevansi dengan judul artikel.


II. PEMBAHASAN


Bagian ini merupakan inti artikel, memuat seluruh permasalahan (hukum) yang telah dirumuskan, kemudian dianalisis satu persatu secara tuntas dan sistematis dan memiliki keterkaitan dengan kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagaimana diuraikan dalam bagian pendahuluan. Oleh karena itu sebaiknya uraian ini terbagi dalam beberapa sub sesuai dengan rumusan masalah pada pendahuluan. Bagian ini pada prinsipnya adalah uraian yang memfokuskan kepada upaya-upaya untuk menjelaskan dan menjawab rumusan masalah secara lengkap, sistematis dan terarah.


III. SIMPULAN DAN SARAN


Simpulan merupakan uraian akhir dan sekaligus berisi pendapat dan argumentasi penulis yang diperoleh setelah melakukan pembahasan. Simpulan menggambarkan jawaban dari rumusan masalah. Simpulan harus menunjukan benang merah antara rumusan masalah dan analisis pada pembahasan. Simpulan bukan berisi perulangan dari analisis dalam pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil analisis seperti yang diharapkan dari dilakukannya penelaahan. Saran merupakan uraian yang dikemukakan penulis di bagian akhir artikel terkait hal-hal yang tidak dapat dijawab oleh simpulan berupa usulan, tanggapan terhadap hasil analisis.


DAFTAR PUSTAKA


Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan sebaiknya berjumlah minimum 80% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap artikel paling tidak berisi 10 (sepuluh) daftar pustaka acuan. Penulisan sistem rujukan di dalam teks artikel dan penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, atau Zotero, atau lainnya.


C. SISTEMATIKA ARTIKEL RESENSI BUKU


 JUDUL ARTIKEL (Maksimal 14 kata)


 Nama Penulis


Alamat Afiliasi Penulis


 ABSTRAK


Abstrak dibuat dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia maksimal 200 kata. Kata kunci harus dituliskan di bawah teks abstrak untuk masing-masing bahasa, disusun urut abjad dan dipisahkan oleh tanda titik koma dengan jumlah kata 3-5 kata. Abstrak ditulis satu spasi dan dalam satu paragraf.


I. PENDAHULUAN


Bagian pendahuluan harus memuat (secara beraturan) latar belakang umum, termasuk latar belakang pengarang/penulis buku atau tulisan dalam jurnal (termasuk didalamnya tujuan pengarang menulis buku atau tujuan penulis menulis sebuah artikel dalam jurnal), sinopsis (isi buku atau isi artikel dalam jurnal yang diulas), kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel resensi, pernyataan kebaruan ilmiah, dan perumusan masalah. Di dalam format artikel ilmiah baik pada bagian pendahuluan maupun pada bagian lainnya, tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu (state of the art) untuk menunjukan kebaruan ilmiah artikel resensi tersebut. Uraian pendahuluan harus memiliki relevansi dengan judul artikel. Artikel resensi ditulis di atas kertas A4, terdiri dari 5 s/d 7 halaman dengan spasi ganda. Artikel dilengkapi dengan scan sampul buku yang diresensi.


II. PEMBAHASAN


Bagian ini merupakan inti artikel, memuat seluruh permasalahan (hukum) yang telah dirumuskan terkait tulisan dalam buku/jurnal yang diresensi, termasuk perihal kekuranga dan kelebihan buku atau artikel dalam jurnal, kemudian dianalisis satu persatu secara tuntas dan sistematis dan memiliki keterkaitan dengan kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagaimana diuraikan dalam bagian pendahuluan. Oleh karena itu sebaiknya uraian ini terbagi dalam beberapa sub sesuai dengan rumusan masalah pada pendahuluan. Bagian ini pada prinsipnya adalah uraian yang memfokuskan kepada upaya-upaya untuk menjelaskan dan menjawab rumusan masalah secara lengkap, sistematis dan terarah.


III. SIMPULAN DAN SARAN


Simpulan merupakan uraian akhir dan sekaligus berisi pendapat dan argumentasi penulis yang diperoleh setelah melakukan pembahasan resensi buku/jurnal. Simpulan menggambarkan jawaban dari rumusan masalah. Simpulan harus menunjukan benang merah antara rumusan masalah dan analisis pada pembahasan. Simpulan bukan berisi perulangan dari analisis dalam pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil analisis seperti yang diharapkan dari dilakukannya resensi buku/jurnal. Saran merupakan uraian yang dikemukakan penulis di bagian akhir artikel terkait hal-hal yang tidak dapat dijawab oleh simpulan berupa usulan, tanggapan terhadap hasil analisis, serta anjuran kepada pembaca, oleh siapa buku atau artikel jurnal layak dibaca.


DAFTAR PUSTAKA


Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan sebaiknya berjumlah minimum 80% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap artikel paling tidak berisi 10 (sepuluh) daftar pustaka acuan. Penulisan sistem rujukan di dalam teks artikel dan penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, atau Zotero, atau lainnya.


 


4. Panduan Penulisan Kutipan/Rujukan Dalam Teks Artikel


Setiap mengambil data atau mengutip pernyataan dari pustaka lainnya maka penulis wajib menuliskan sumber rujukannya. Rujukan atau sitasi ditulis di dalam uraian/teks dengan cara nama penulis dan tahun (Buchari, 2010) atau (Buchari & Tien, 2010). Jika penulis lebih dari dua, maka hanya dituliskan nama penulis pertama diikuti “dkk” atau “et al.” (Buchari dkk., 2010). Semua yang dirujuk di dalam teks harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka, demikian juga sebaliknya, semua yang dituliskan di Daftar Pustaka harus dirujuk di dalam teks.


5. Panduan Penulisan Daftar Pustaka


Penulisan Daftar Pustaka sebaiknya menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti MendeleyEnd NoteZotero, atau lainnya. Format penulisan yang digunakan di jurnal Litigasi adalah sesuai dengan format APA 6th Edition (American Psychological Association).


Pustaka yang berupa Jurnal Ilmiah: 


Susanto, A., & Batubara, G. (2016). PENELITIAN HUKUM TRANSFORMATIF PARTISIPATORIS: SEBUAH GAGASAN DAN KONSEP AWAL.LITIGASI, 17(2), 3314-3376. doi:10.23969/litigasi.v17i2.159


Pustaka yang berupa Buku:


Gosita, A. (2004). Masalah Perlindungan Anak. Jakarta: PT. Bhuana Populer.


Pustaka yang berupa Bab dalam Buku:


Birnbaum, N. (1977). The New School of Social Research. In Encyclopedia Americana (Vol. 7). New York: Americana Corp.


Pustaka yang berupa disertasi/thesis/skripsi: 


Titahelu, R. (1993). Penetapan Asas Umum Dalam Penggunaan Tanah. Disertasi. Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga.


Pustaka yang berupa Makalah Seminar:


Sumardjono, M. S. (2005). Perpres No. 36 Th. 2005 Soal Tanah Dinilai Langgar HAM Seharusnya Tidak Bisa Untuk Proyek Lama, Disampaikan Dalam Semiloka Perlindungan Hak Atas Papan/Tempat Tinggal Dalam Persfektif HAM. Komnas HAM. Jakarta.


Pustaka yang berupa artikel dari internet


Haneda Sri Lastoto. (2005). Paradigma AS atas Ukraina. Retrieved October 24, 2005, from http://www.detik.com/veri-cetak-1/2012/15/pg-12.htm


6. Petunjuk Umum Pengiriman Naskah


Artikel yang sudah memenuhi petunjuk penulisan (dalam format MS Word, gunakan template artikel ini) harus dikirimkan melalui salah satu cara berikut ini:



  • Pengiriman naskah manuskrip dengan Online Submission System di portal E-Journal LITIGASI (http://journal.unpas.ac.id/index.php/litigasi).


Petunjuk Penulisan Artikel dan template dapat diunduh di alamat berikut ini:



  • Petunjuk Penulisan Naskah dalam PDF(.pdf): Pedoman Penulisan Artikel Jurnal Litigasi Baru

  • Template Penulisan Naskah dalam MS-Word (.doc): Template Panduan Penulisan Artikel Jurnal Litigasi Baru

  • Template Penngiriman Naskah dalam PDF (.pdf) : Template Panduan Pengiriman Naskah


7. Reviewing Naskah


Setiap artikel akan di review secara independen oleh minimal satu orang Reviewer. Keputusan naskah akan dimuat, diperbaiki, atau ditolak didasarkan pada laporan / rekomendasi Reviewer. Jika satu atau lebih reviewer menganggap artikel tidak layak untuk diterbitkan dalam jurnal ini, maka artikel tidak akan diproses tanpa ada pernyataan yang menjelaskan dasar keputusan tersebut. Sama halnya bagi artikel yang tidak sesuai petunjuk penulisan jurnal litigasi, artikel tersebut juga tidak akan diprosesakan tanpa ada pernyataan yang menjelaskan dasar keputusan tersebut.


8. Perbaikan Naskah


Artikel dikirim kembali ke penulis untuk revisi harus dikembalikan kepada editor tanpa penundaan. Artikel revisi dapat dikirim ke kantor redaksi melalui Submission Online. Artikel revisi kembali paling lambat 1 bulan akan dianggap sebagai kiriman baru.


9. Alamat Korespondensi Kantor Redaksi Jurnal Litigasi


 Dr. Anthon Freddy Susanto, S.H.,M.Hum (Editor-in-Chief)


Editorial Kantor Jurnal LITIGASI


Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung


Jl. Lengkong Besar No. 68 Bandung - 40261,


Email: litigasi@unpas.ac.id