Penerapan Cooperative Script dalam Pembelajaran Tematis dengan Topik Menyimpulkan Informasi dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VI SDN Bukanagara II Cisalak Subang.

Authors

  • Sri Sumarlina SDN Ciwangun

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1.4392

Keywords:

Cooperative Sript, Berpikir Kritis, Menyimpulkan Informasi, Tematis.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) perbedaan peningkatan kemampuan menyimpulkan informasi sebelum dan setelah menggunakan model cooperative script pada peserta didik kelas VI (enam) SDN Bukanagara II Cisalak Subang; (b) penerapapan cooperative script  dalam pembuatan kesimpulan informasi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV (empat) SDN Bukanagara II Cisalak Subang; dan (c) hubungan/pengaruh penerapan model cooperative script dalam menyimpulkan informasi dengan peningkatan berpikir kritis peserta didik kelas VI (enam) SDN Bukanagara II Cisalak Subang. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Penelitian ini mengimplementasikan model pembelajaran Cooperative Script dalam pembelajaran menyimpulkan informasi untuk meningkatkan kemmapuan berpikit kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, didapat kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan informasi dan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV (empat) SDN Bukanagara II Cisalak Subang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : PT Refika Aditama.

Abidin, Yunus. 2010. Strategi Membaca (Teori dan Pembelajarannya). Bandung : Rizqi Press.

Akhyar, Fitria. 2017. Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Textium.

A’la, Miftahul. 2011. Quantum Teacing. Jogjakarta : Diva Press.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Fisher, Alec. 2008. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta : Erlangga.

Handika, Wahyu. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap kemampuan Mendeskripsikan Perjuangan Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang Pada Siswa Kelas V SDN Macanan Kabupaten Nganjuk. Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Hasnibeti. 2017. Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Suara Guru Volume 3 Nomor 3.

Hidayati, Panca Pertiwi. 2015. Pedoman Penulisan Tesis. Bandung : Universitas Pasundan.

Hidayati, Panca Pertiwi. 2015. Pembelajaran Menulis Esai Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung : Universitas Pasundan.

Ibrahim, M. dkk, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Ibrahim, R.. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. 2016. Metodologi Penelitian. Bandung : Refika Aditama.

Irwansyah, Nur. 2016. Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman dan Penguasaan Kosa Kata Terhadap Keterampilan Menulis Argumetasi pada Peserta Didik SMA di Depok.

Kosasih, E. 2019. Jenis-Jenis Teks Fungsi Struktur dan Kaidah Kebahasaan. Bandung : Yrama Widia.

Kemendikbud. (2013). Bahasa Indonesia /Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kemendikbud.

Mirasanthi, dkk. 2016. Analisis Kemampuas Siswa dalam Membaca Pemahaman pada Wacana Narasi Kelas V SD Panarukan. Vol. 4. No.4.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif. Bandung : Rosdakarya.

Nahdi, Salim Dede. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning. Cakrawala Pendas. Vol. 1, No. 1. Januari 2015.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

Priyatno, Dwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. Yogyakarta : Andi.

Priyastama, Romie. 2017. Buku Sakti Kuasai SPSS. Bantul : PT Anak Hebat Indonesia.

Rahim, Farida. 2018. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Sinar Grafika.

Rosdiana Yusi, dkk. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Jakarta : Universitas terbuka.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Arruz Media.

Slavin, Robert. E. 2005. Cooperative Learning : Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

Solihatin, Etin. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sudjarwo. 2009. Manajemen Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suhestiawati, Dina. 2017. Penerapan Model Cooperative Script Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Petunjuk Siswa SD. Pontianak : Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&d. Bandung : Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Syarifudin, Furqon. 2016. Pengaruh Membaca Pemahaman dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Margaasih Kabupaten Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterempilan berbahasa. Bandung : Angkasa.

Tukiran Taniredja, dkk. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2023-05-18