Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menginterpretasi Teks Ulasan Film pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK BSC Bandung Kelas XI

Authors

  • Rika Melia Puri

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v1i1.2295

Keywords:

model Discovery Learning, berpikir kritis, menginterpretasi teks ulasan film

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi  minimnya kemampuan siswa dalam menginterpretasi teks ulasan film. Masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimanakah kemampuan menginterpretasi teks ulasan film pada siswa kelas XI di SMK BSC Bandung? 2) Apakah model pembelajaran Discovery Learning  dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis  pada siswa kelas XI di SMK BSC Bandung? 3) Adakah perbedaan kemampuan menginterpretasi teks ulasan film pada siswa kelas XI di SMK BSC Bandung  pada kelas eksperimen dan kelas kontrol? 4) Adakah perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas XI di SMK BSC Bandung? 5) Apakah kemampuan menginterpretasi teks ulasan film dan kemampuan berpikir kritis di kelas eksperiimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol? Setelah dilaksanakan penelitian, maka ditemukan bahwa kemampuan menginterpretasi teks ulasan film di kelas eksperimen lebih baik dari pada di kelas kontrol. Pada kelas kontrol memiliki persentase kenaikan nilai kemampuan menginterpretasi teks ulasan film sebesar 11.71% dan pada kelas eksperimen sebesar 22,41%. Kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen lebih baik daripada di kelas kontrol. Pada kelas kontrol memiliki persentase kenaikan nilai kemampuan berpikir kritis sebesar12,77% dan pada kelas eksperimen sebesar 34,36%. Model pembelajaran Discovery Learning dapat dijadikan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menginterpretasi teks ulasan film pada siswa kelas XI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwasilah, (2007). Pokoknya Menulis. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penilitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Browne dan Keeley. (2015). Pemikiran Kritis. Jakarta: PT. Indeks.

Chaer, Abdul. (2012). Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Effendy, Onong Uchjana. (2000). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Emilia, E. (2011). Pendekatan GenreBased dalam pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Bandung: Rizqi Press.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Goldberg, C.M. (2011). Dari Pada Bete Nulis Aja!. Bandung: MMU.

Halim, Syaiful. (2015). Dasar-dasar Jurnalistik Televisi. Yogyakarta: Deepublish.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Hasnun, A. (2006). Pedoman Menulis untuk Siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Hidayati, P.P. (2009). Menulis Esai dan Pembelajaran. Bandung: PRISMA PRESS Prodaktama.

Imran. (2014). Keuntungan TV sebagai Media Pembelajaran. Tersedia: http://ilmu-pendidikan.net/ p e m b e l a j a r a n / m e d i a pembelajaran/keuntungan-tvsebagai-media-pembelajaran diakses Sabtu 9 April 2016. Indrawan dan Yaniawati. (2014). Metode Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Johnson, E. B. (2007). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center. Junaedi, Fajar. (2013). Jurnalisme

Penyiaran dan Reportase Televisi. Jakarta: Kencana. Keraf, G. (2004). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia.

Kemendikbud. (2013). Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks. Bandung: YRAMA WIDYA.

Kurniawan, dkk. (2009). HRD: Human Resources Development. Jakarta: PT. Gramedia.

Latuheru, JD. (1988). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Masa Kini. Jakarta: P2LPTK .

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Molan, B. (2014). Logika Ilmu dan Seni Berpikir Kritis. Jakarta: PT. INDEKS.

Mousir. (2014). Struktur, Ciri, Definisi, dan Contoh Teks Eksplanasi. Tersedia: http:// www.kelasindonesia.com/2015/ 05/struktur-ciri-definisi-dancontoh-teks-eksplanasi.html diakses Jumat 8 April 2016.

Mulyadi, Yadi. (2013). Bahasa Indonesia untuk SMP-MTs Kelas VII. Bandung: Yrama Widya.

Mulyana, A.Z. (2010). Rahasia Menjadi Guru Hebat. Jakarta: Grasindo

Muslich, W. (2009). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: suatu pendekatan baru. Jakarta: Gaung Pesada Press.

Published

2020-05-16