Metode Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review (Murder) Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Matematis Siswa Serta Sikap Belajar Siswa Kelas VI
DOI:
https://doi.org/10.23969/pjme.v8i1.3995Keywords:
Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review(MURDER) berbasis e-learnin, kemampuan berpikir kritis matematis, kemampuan pemecahan, Sikap BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran mood-understand-recall-digest-expand-review (murder) berbasis e-learning terhadap berpikir kritis, pemecahan masalah matematis siswa serta sikap belajar siswa kelas VI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campuran (mixed method) dengan tipe embedded desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDIT Al-Irsyad Bandung kelas VI tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VI A dan VI B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode tipe Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review (MURDER) berbasis e-learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (2)peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Tipe Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review (MURDER) berbasis e-learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (3)terdapat pengaruh positif sikap belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis; (4) terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis, kemampuan pemecahan masalah matematis, dan sikap belajar siswa.Downloads
References
Yaniawati, R.P. 2010. E-learning: Altematif Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Arfino Raya
Joseph, Kai Kow. 2009. Secondary 2 Student’s Difficulties In Solving Non-Routine Problem. Singapura: Itl. J. Math Teach Learning
National Council of Teacher of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Cahyono. 2015. Korelasi Pemecahan Masalah dan Indikator Berfikir Kritis.ISSN 2088-7868 Bandung: journal.walisongo.ac.id
Karim. 2014 Pengaruh Gaya Belajar Dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika.Issn 2088-351x Jakarta:journal.lppmunindra.ac.id
Yaniawati, R.P. 2012. Pengaruh E-Learning Untuk Meningkatkan Daya Matematik Mahasiswa.Bandung: Journal Ilmiah Pendidikan
Yaniawati, R.P. 2011. Model E-Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dan Hasil Belmar Matematika Di SD Pedesaan.Bandung: Journal UM
Fauziah, A. 2009. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melalui Strategi REACT. Bandung: Tidak diterbitkan.
Izzati, N. 2010. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis pada Tingkat Koneksi dan Analisis Siswa MTs Negeri Melalui Pembelajaran Kolaboratif MURDER. Tesis. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan