Author Guidelines

  1. Jurnal PJME menerima artikel hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Naskah diketik dengan program  Word, huruf Palatino Linotypefont size11, menggunakan kertas A4 dengan batas atas, bawah, kiri, dan kanan masing-masing 2,5 cm.
  2. Naskah dikirim online melalui OJS Jurnal PJME di http://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/
  3. Semua penulis pada artikel harus dicantumkan/diketik pada OJS pada saat mengisi "authors' pada proses submit artikel.
  4. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Jarak antar baris 1,5 spasi. Tiap awal paragraf menjorok ke kanan sekitar 10 ketukan.
  5. Sistematika artikel hasil penelitian: Judul, Identitas Penulis (Nama, Instansi, dan Email), Abstrak disertaiKata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil Penelitian dan Pembahasan, Simpulan, dan
  6. Judul Artikel tidak lebih dari 14 kata, diketik di tengah-tengah (center), mengunakan Palatino Linotypedengan ukuran huruf 14 pt, dan ditulis tebal (bold), dan Capitalize Each Word.
  7. Identitas Penulis: nama lengkap tanpa gelar akademik (jika penulis lebih dari satu, maka semua nama penulis dicantumkan beserta instansi asal masing-masing penulis) menggunakan Palatino Linotype dengan ukuran huruf 11 pt, dan ditulis tebal (bold). Sedangkan email yang dicantumkan hanya email penulis pertama atau penulis korespondensi.
  8. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris menggunakan 1 spasi disertai dengan 3-5 kata atau frasa Kata Kunci (ditulis alfabetik), menggunakan Palatino Linotype dengan ukuran huruf 11 pt. Panjang abstrak Bahasa Indonesia antara 150-200 kata (abstrak Bahasa Inggris menyesuaikan). Abstrak ditulis dalam satu paragraf yang memuat minimal tujuan, metode, dan hasil penelitian. Abstrak dan kata kunci yang diinput pada OJS adalah abstrak dan kata kunci dalam Bahasa Inggris.
  9. PendahuluanPendahuluan sebaiknya dapat menggambarkan latar belakang, studi literatur, tujuan penelitian, serta pentingnya penelitian tersebut dilakukan. Studi literatur yang dimaksud sebaiknya memperhatikan aspek-aspek sebagai berikut: (1) Sajikan karya-karya penting yang mendukung dan mendasari penelitian seperti penelitian saat ini dalam pendidikan matematika; (2) Mensintesis penelitian terdahulu, tidak hanya sekedar daftar atau ringkasan studi yang ada; (3) Masukkan sumber yang kredibel (misalnya artikel jurnal yang telah ditinjau oleh peer-reviewed); (4) Lakukan pengutipan dari sumber secara akurat, sehingga mencerminkan apa yang dipublikasikan di sumber aslinya; dan (5) Tambahkan literatur penelitian internasional yang relevan. Seluruh bagian ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, antar paragraf tersebut menggunakan 1,5 spasi (before-after paragraf).
  10. Metode berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data. Secara lebih rinci, bagian metodologi sebaiknya memuat hal-hal sebagai berikut: (1) Dari populasi apa subjek diambil, bagaimana dan mengapa mereka dipilih, dan berapa banyak yang dimasukkan; (2) Jelaskan latar belakang subjek yang dipilih; (3) Jelaskan bagaimana masing-masing variabel penelitian diukur; (4) Jelaskan bagaimana instrumen penelitian diadaptasi atau dikembangkan; (5) Jelaslan prosedur detail yang digunakan untuk menganalisis data kualitatif jika ada; (6) Gunakan desain dan metode penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian; dan (7) Untuk data kuantitatif, gunakan prosedur statistik yang sesuai dengan memenuhi asumsi-asumsinya.
  11. Hasil Penelitian dan pembahasan berisi paparan hasil analisis data yang sesuai dengan tujuan Setiap hasil penelitian harus dibahas sebagai pemaknaan hasil dan dikaitkan dengan teori atau hasil penelitian sejenis sehingga kelihatan kebaruan dari hasil penelitian tersebut.
  12. Simpulan berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Simpulan disajikan dalam bentuk paragraf, tidak menggunakan numbering dan bullet.

Referensi memuat semua referensi yang diacu pada teks artikel yang diurutkan berdasarkan alfabet dan diketik 1 spasi. Referensi yang digunakan minimal 80% artikel pada jurnal. Penulis juga harus menginput semua referensi yang digunakan pada OJS. Penulisan kutipan dan referensi mengikuti aturan APA Style 7th Edition dan sebaiknya menggunakan Reference Manager seperti Mendeley. Berikut ini contoh penulisan referensi: