Teknik Pola Bilangan dan Hasil Belajar Operasi Pembagian Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV

Authors

  • Kadir .
  • Hastri Rosiyanti

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2459

Keywords:

teknik pola bilangan, teknik konvensional, operasi pembagian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari penggunaan teknik pola bilangan dan kemampuan siswa dalam operasi pembagian di sekolah dasar. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah di Ciputat dengan metode quasi eksperimen dengan melibatkan 60 sebagai sampel. Pemilhan sampel menggunakan cluster random sampling. Studi ini menemukan bahwa: 1) hasil belajar operasi pembagian siswa yang menggunakan teknik pola bilangan ini lebih tinggi dari mereka yang menggunakan teknik biasa dan 2) kemampuan siswa yang menggunakan teknik pola bilangan ini lebih baik daripada siswa yang menggunakan teknik biasa. Terbukti dalam penerapannya, siswa dapat mencantumkan bilangan yang dibagi, pembagi, hasil bagi lebih mudah dalam materi operasi pembagian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gojali, Puji. 2009. Pengaruh Penerapan Teknik Berhitung Perkalian Polamatika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa , Skripsi UIN Jakarta: Tidak Dipublikasikan.

Gunawan, Adi W. 2007. Cara Genius menguasai Tabel Perkalian, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Premadi, Dradjad. 2007. Polamatika, Jakarta: PT Wahyu Media

Supatmono, Catur. 2009. Matematika Asyik, Jakarta: PT Grafindo.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Jakarta: Kencana.

Published

2020-04-27