Implementasi Basis Data Spasial Dalam Penyebaran Potensi Desa Di Kabupaten Bandung

  • Rudi Rosadi
  • Alit Kartiwa
  • Dyah Kusuma Astuti

Abstract

Salah satu implementasi dari sistem basis data spasial digunakan dalam membangun Sistem informasi Geografis (SIG). SIG merupakan sistem berbasis spasial yang dapat digunakan dalam analisis dan pengambilan keputusan. Dengan SIG ini diharapkan dapat membantu dalam pengembangan dan penyebaran potensi di suatu wilayah. Karena berdasarkan data Potensi Desa Kabupaten Bandung tahun 2008 yang di dapat dari Badan Pusat Statistik menunjukan tingkat kepadatan penduduk tiap desa yang tidak merata, rasio kelahiran yang tinggi, fasilitas dan tenaga kesehatan serta fasilitas ekonomi lainnya yang jumlahnya kurang atau tidak sesuai.
Penelitian ini menganalisis pengaruh letak geografis suatu desa di Kabupaten Bandung terhadap karakteristik kelompok desa yang terbentuk dengan menggunakan analisis K-Means dan menampilkannya ke dalam bentuk peta digital . Sehingga diharapkan pencarian informasi lebih efektif dan pengembangan potensi suatu wilayah dapat dilakukan lebih optimal.
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 27, 2020
How to Cite
ROSADI, Rudi; KARTIWA, Alit; ASTUTI, Dyah Kusuma. Implementasi Basis Data Spasial Dalam Penyebaran Potensi Desa Di Kabupaten Bandung. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-12, apr. 2020. ISSN 2722-7219. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2455>. Date accessed: 29 june 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2455.
Section
Articles