PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART LADDER PADA MATERI SATUAN PANJANG UNTUK SISWA KELAS 3 DI SDN MANGGIS 2
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9791Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Smart Ladder, Siswa Kelas III.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Smart Ladder. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (R&D) dan menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analyze (Analisis), Design (Rancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Data yang dikumpulkan yaitu terkait kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Adapun hasil dari perolehan data validasi ahli materi mendapatkan rata-rata skor 88% dan ahli media mendapatkan rata-rata skor 88% dan mendapatkan kriteria sangat valid. Hasil perolehan data kepraktisan dari respon guru mendapatkan rata-rata skor 94% dan respon siswa mendapatkan rata-rata skor 98% dengan kriteria sangat praktis. Hasil perolehan data keefektifan menggunakan rumus N-Gain mendapatkan hasil rata-rata persentase uji terbatas 80% dan uji luas 83% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan persentase tersebut, media pembelajaran smart ladder dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan pada materi satuan Panjang.Downloads
References
Anggreini, E., Zulkarnain, & Ariawan, R. (2019). Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMK Yabri Terpadu Pekanbaru Erna Anggreini. Aksiomatik, 7(1), 34–40.
Atmajaya, Y. T. (2017). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. In Jurnal Aktual Medika (Vol. 3, Issue 1, p. 70).
Jonkenedi. (2017). Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6).
Kustiawan. (2013). Sumber dan MediaPembelajaran Anak Usia Dini (FIP UM).
Putri Nurmala Hayati dan Ika Rahmawati. (2017). Pengaruh Media Tangsapan Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pengukuran Panjang Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 1 SDN Babatan I Surabaya. JPGSD, 5(2).
Santri, F. S. (2016). Pembelajaran Matematika Pendidikan Guru SD/ MI. MATEMATIKA.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RnD. .
Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik (Graha Ilmu).
Yuniawantika. (2016). Pembelajaran Matematika di SD Menggunakan Pendekatan Matematika Realistika Indonesia (PMRI). Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.