PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT)

Authors

  • Novika Dian Pancasari Gabriela Universitas Kristen Satya Wacana
  • Wahyudi Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14496

Keywords:

Keaktifan Belajar, Pembelajaran Matematika, Model TGT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika di kelas 1 sekolah dasar melalui penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas 1 di SD Kristen 04 Ebenhaezer, Kota Salatiga. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, dengan menggunakan skala likert 1-4 untuk mengukur keaktifan peserta didik. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif analitis kualitatif. Hasil pra siklus menunjukkan ketercapaian keaktifan belajar peserta didik sebesar 22,22% sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 61,11% dan pada siklus II mencapai 88,88% Hal ini menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap keaktifan belajar peserta didik selama mengikuti pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini dapat dijadikan dasar agar guru dapat lebih efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik sejak dini dalam pembelajaran matematika, sehingga mereka dapat menerima materi yang diajarkan dengan lebih baik dan maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 50–61. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.752

Ema, O. :, Barus, S., Guru, P., & Dasar, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Minat Siswa Kelas V Sd Margoyasan Yogyakarta Development of Mathematics Learning Media With Matery of Perimeter and Area Plane To Im. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 10, 7.

Herman, T. (2023). Kecakapan Abad 21: Literasi Matematis, Berpikir Matematis, dan Berpikir Komputasi (Indonesia). https://www.google.co.id/books/edition/Kecakapan_Abad_21_Literasi_Matematis_Ber/-i7vEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Kurniawan, Y. I., & Rivaldi, M. F. (2021). Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA) Game Edukasi Pengenalan dan Pembelajaran Berhitung untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 11(1), 47–59. https://doi.org/10.34010/jamika.v11i1

Kusumaningsih, D. G. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Dengan Media TTS Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik. 8.

Mariah, S., Febianti, Y. N., & Kurnia, M. D. (2023). Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Time Token. Journal of Education Action Research, 7(2), 222–230.

Najihah, M., Utomo, A. P. Y., Safitri, A. N., & Mubarok, S. (2023). Pemanfaatan YouTube untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 45–59. https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JUPENDIS/article/view/109

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991

Prijanto, H. J., & De Kock, F. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.

Saputra, N. A. G., & Sridiyatmiko, G. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (Tgt) pada Siswa Kelas IV SD N Sumberwungu 1 Kepanewon Tepus Kabupaten Gunungkidul. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 319–325. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.396

Sari Saraswati. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS PANDUAN LENGKAP DAN PRAKTIS (M. P. Dr. Adirasa Hadi Prasetyo (ed.)). https://eprints.unhasy.ac.id/219/98/2. Buku - Penelitian Tindakan Kelas_Panduan Lengkap dan Praktis.pdf#page=56

Suharsimi Arikunto, Supardi, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Bumi Aksar).

Teranikha, El., Fatonah, S., & Saputro, S. A. (2024). Penggunaan Model Teams Games Tournament untuk meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 24–29.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Downloads

Published

2024-06-13

Most read articles by the same author(s)