PROBLEMATIKA GURU PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 1 SEKOTONG TENGAH

Authors

  • Ayu Aina Nilna Nur Universitas Mataram
  • Nurul Kemala Dewi
  • Lalu Wira Zain Amrullah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9715

Keywords:

Teacher problem, curriculum 2013

Abstract

This study aims to reveal teacher problems/difficulties in implementing the 2013 Curriculum learning and to find out where SD Negeri 1 Sekotong Tengah teachers got their understanding of the 2013 Curriculum. This study used descriptive qualitative research in the Indonesian language field. Data collection techniques used are interviews, observation and documentation. The data analysis technique in this study was adapted to the type of data.Based on the results of research on Teacher Problems in the Application of 2013 Curriculum Learning at SD Negeri 1 Sekotong Tengah. Based on the results of the analysis and discussion, it can be concluded that there are 3 problematic aspects experienced by teachers in implementing the 2013 Curriculum, namely learning planning problems, learning implementation problems, and assessment problems.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M. S. 2019. Pengaruh Penerapan K-13 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II di MI NW Johar Pelita Desa Sesele Gunung Sari Lombok Barat Tahun Ajaran 2019, skripsi: Universitas Mataram.

Astri. Ayu. 2020. Analisis Kesulitan Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SD Negeri Tamekan Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Skripsi, Mataram: Universitas Mataram.

Azka, Naela M. 2015. Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Lintas Minat Kimia di Kelas X Ilmu-ilmu Sosial (IIS) MAN Kota Tegal, Skripsi: UIN Walisongo Semarang.

Fitriyani, Eka Putri. 2017. Persepsi Guru Kelas Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013. Skripsi, Salatiga: IAIN Salatiga.

Ismail, Hasan.2014. Identifikasi hambatan guru pada pelaksanaan pembelajaran tematik d SDN Wonosari IV Gunung Kidul skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahsun. 2011. Metode Penelitian Bahasa; “Tahapan strategi, metode, dan tekniknya”. Jakarta: PT Raja Grafindo Perseda.

Mutiara, Arvani Fita. 2019. Identifikasi Problematika Guru Kelas 4 dalam Penyelenggaraan Kurikulum 2013, Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Moleong, Lexy J. 2011.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT, Remaja Rosdakarya.

Nizaruroh, Elma Ulafatun. 2018. Analisis Kesulitan guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung, skripsi: IAIN Tulungagung.

Nurjannah, Siti. 2019. Probtika Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 02 Gonggong Dolopo Madiun, Skripsi, Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Sanusi, Ahmad. 2018. Problematika Penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Pemban Ajie Pejanggik Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah tahun ajaran 2017/2018, skripsi, Mataram: Universitas Negeri Islam Mataram.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutirjo, dkk. 2005. Tematik: Pembelajaran EfektifDalam Kurikulum 2004.

Tim Penyusun. 2017. Panduan Skripsi PGSD Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP: Univesitas Mataram.

Poerwati, L. E. & Amri, S. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Downloads

Published

2023-08-21