PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 1 KUANG BARU

Authors

  • Leniya Dayu Rizkia Universitas Mataram
  • Nurul Kemala Dewi Universitas Mataram
  • Fitri Puji Astria Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15412

Keywords:

Development, teaching materials, practicum

Abstract

Abstrak inggris : The use of teaching materials in learning has a very important role. Especially in learning that requires special teaching materials, such as science learning which asks students to carry out an experiment. This is because teaching materials can help students better understand the material and learning flow and feel happier and more interested in learning. This research aims to produce a product in the form of practicum-based teaching materials for science learning which contains material on human respiratory organs, the effect of heat on changes in the form of objects and the grouping of materials/substances for class V of SDN 1 Kuang Baru Sakra, East Lombok Regency. The type of research used is Research and Development (R&D) with the research model used, namely the 4D model which consists of 4 stages, namely define, design, development and disseminate. The subjects of this research were 9 class V students of SDN 1 Kuang Baru. The data collection technique used was a questionnaire. The results of this research, based on the media validation test, were 95.38% with very valid criteria. Meanwhile, the material validation test results obtained a result of 94% with very valid criteria. Based on the practicality test, according to the teacher's response, they got a result of 90% with very practical criteria, and students in the small group trial got a result of 94.4% with very practical criteria. It can be concluded that the practicum-based teaching materials developed are suitable to be used to teach science learning about human respiratory organs, the effect of heat on changes in the form of objects and the grouping of materials/substances in class V elementary schools.  Abstrak  indonesia : Penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting. Terutama pada pembelajaran yang membutuhkan bahan ajar khusus seperti pembelajaran IPA yang meminta siswa melakukan sebuah percobaan. Hal ini dikarenakan bahan ajar dapat membantu siswa lebih memahami materi dan alur pembelajaran serta merasa lebih senang dan tertarik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis praktikum pada pembelajaran IPA yang memuat materi organ pernapasan manusia, pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda dan pengelompokan materi/zat untuk kelas V SDN 1 Kuang Baru Sakra Kabupaten Lombok Timur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang digunakan yaitu model 4D yang terdiri atas 4 tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Kuang Baru sebanyak 9 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan uji validasi media adalah 95,38% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil uji validasi materi mendapatkan hasil 94% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan uji kepraktisan menurut tanggapan guru mendapatkan hasil 90% dengan kriteria sangat praktis, serta peserta didik pada uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil 94,4% dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis praktikum yang dikembangkan layak digunakan untuk mengajarkan pembelajaran IPA materi organ pernapasan manusia, pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda dan pengelompokan materi/zat pada kelas V sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisel, A., Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. (2022). Komponen-Komponen Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 298-304.

Ahmadi, Y., Astuti, B., & Linuwih, S. (2019). Bahan ajar IPA berbasis etnosains tema pemanasan global untuk peserta didik SMP Kelas VII. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 53-59.

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan media pembelajaran virtual reality pada materi pengenalan termination dan splicing fiber optic. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 29-36.

Firmansyah, A. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis game Quizizz pada pembelajaran tematik Kelas IV MI Al-Islah Sidowayah Pasuruan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara

Magdalena, I., Sundari, T., & Nurkamilah, S. Nasrullah, & Amalia, DA (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311-326.

Nailiyah, M. R., Subiki, S., & Wahyuni, S. (2016). Pengembangan modul IPA tematik berbasis etnosains kabupaten jember pada tema budidaya tanaman tembakau di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 261-269.

Prasasti, P. A. (2017). Efektivitas Scientific Approach With Guided Experiment Pada Pembelajaran IPA Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah. Profesi Pendidikan Dasar.

Rustaman, N. et al. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sari, N. K., & Siwi, D. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Praktikum IPA Berbasis Keunggulan Lokal Sukoharjo di Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(4), 319-330.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendrianto, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran monopoli tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MIN Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Thiagarajan, Semmel dan Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Source Book. Indiana: ERIC.

Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Uno Pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang.

Usman, A., Dewi, N. K., & Indraswati, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Flipbook Berbantuan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition Muatan IPS Kelas IV SDN 48 Cakranegara. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 1-7.

Winarto, W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi Berbasis Contextual Teaching Learning (Ctl) Berbantu Android Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasan Statistika di MTs. Ma'arif 1 Punggur (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Metro).

Downloads

Published

2024-07-03