PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK MUATAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21590Keywords:
RnD; IPA; Pop Up Book, Sistem Pencernaan Manusia.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pop Up Book muatan IPA pada materi sistem pencernaan manusia kelas V sekolah dasar yang layak dan praktis. Jenis penelitian ini adalah RnD dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Lokasi penelitian di SDN 2 Kekeri dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VA sejumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data berupa angket validasi dan angket respon. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak digunakan, dengan penilaian ahli materi mencapai 81,25% dan penilaian ahli media sebesar 96,42%. Uji kepraktisan mendapatkan persentase 91,49%, menunjukkan media ini praktis digunakan oleh peserta didik. Guru memberikan penilaian sebesar 95%, menunjukkan bahwa media Pop Up Book ini sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran sistem pencemaan manusia. Dengan demikian, media Pop Up Book muatan IPA pada materi sistem pencernaan manusia kelas V sekolah dasar yang dikembangkan dinilai layak dan praktis sebagai media pembelajaran alternatif di kelas.Downloads
References
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Asyhar, R. (2012). Mengembangkan Kreatif Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Djumingin, S., Juanda, J., & Tamsir, N. (2022). Pengembangan Materi Pembelajaran Indonesia. Makassar: Bahasa Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Fadila, U.L., & A. Basit. (2020). Penerapan Media Pop Up Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Kebonsari Kulon I Kota Purbolinggo. Journal of Social Science and Education. 1(2): 67-75
Hana, Y., Utami, R., Wijayanti, L., Wilda, A., & Najikhah, F. (2023). Penerapan Media Pop Up Book Terhadap Minat Baca Siswa Kelas IV SDN 3 Karangbener. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(03), 481- 489.
Hidayat, F., & Nisar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28- 37.
Husain, J., Tahir, M., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Kotak Kata dalam Pembelajaran Materi Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN 3 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 750-756.
Istiningsih, S., Darmiany, D., Astria, F. P.. & Erfan, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli di normal. Collase era (Creative new of Learning Students Elementary Education), 4(6), 911-920.
Izzah, A. N., & Setiawan, D. (2023). Penggunaan Media Pop Up Book sebagai Media Belajar yang Menyenangkan di Rumah Dalam Inovasi Pembelajaran SD Kelas Rendah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 86-92.
Kristanto, A (2016), Media pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya, 84.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.
Riduwan, S. (2018). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57-60.
Sink, D. L. (2014). Design models and learning theories adults. American Society for for Training and Development, 181-6.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. ISBN 978-623- 09-7582-0.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.