UPAYA RELAWAN YAYASAN MEDAN GENERASI IMPIAN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN MORAL PADA ANAK DARI KELUARGA KURANG MAMPU DI KELURAHAN GLUGUR DARAT II
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33617Keywords:
Kata Kunci: Pendidikan Moral, Relawan, Keluarga Kurang MampuAbstract
Penelitian ini mengkaji upaya relawan Yayasan Medan Generasi Impian dalam meningkatkan pendidikan moral anak-anak dari keluarga kurang mampu di Kelurahan Glugur Darat II. Dengan data yang menunjukkan bahwa 45% anak di Indonesia mengalami krisis moral, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi relawan dalam menanamkan nilai-nilai seperti kejujuran dan tanggung jawab. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan tiga relawan, dan dokumentasi selama dua bulan. Hasil penelitian mengidentifikasi empat kategori upaya: preventif, preservatif, kuratif, dan adaptif. Upaya preventif mencakup kegiatan edukatif, preservatif berfokus pada lingkungan belajar yang mendukung, kuratif menangani perilaku menyimpang, dan adaptif memanfaatkan teknologi. Penelitian ini menekankan pentingnya peran relawan dalam pembentukan karakter anak dan perlunya pelatihan berkelanjutan untuk meningkatkan dampak pendidikan moral.Downloads
References
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Sumatera Utara. (2023). Laporan Penelitian Krisis Moral pada Anak di Sumatera Utara Tahun 2023. Medan: DP3A Sumatera Utara. Https://Dp3a.sumutprov.go.id
Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Interpretif Dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). (2023). Program Sekolah Ramah Anak (SRA): Pedoman Pelaksanaan. Jakarta: KPPPA. https://www.kemenpppa.go.id
UNICEF Indonesia. (2021). Laporan Situasi Anak di Indonesia 2021: Tantangan dan Upaya Pemerintah. Diakses dari https://www.unicef.org/indonesia
Ahyar, H., Andriani, H., Sukmana, D. J., Hardani, S. P., MS, N. H. A., GC, B., ... & Istiqomah, R. R. (2020). Buku metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). (2023). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbudristek.
Kementerian PPN/Bappenas (2020). http://www.bappenas.go.id
Pengertian Anak dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://kbbi.web.id
UNICEF Indonesia. (2021). Laporan Situasi Anak di Indonesia 2021: Tantangan dan Upaya Pemerintah. Diakses dari https://www.unicef.org/indonesia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.