PENGARUH MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN CURUG KULON 2 KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Ina Magdalena
  • Dilla Fadhillah
  • Lutfi Gusmawati

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9490

Keywords:

Media Buku Cerita Bergambar, Membaca Pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa antara siswa yang menggunakan bantuan media buku cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain Quasi eskperimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Demikian juga dengan hasil perhitungn uji-t atau uji hipotesis yang dilakukan pada nilai posttest pada kedua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan hasil perhitungan uji hipotesis  = 3.7981 >  = 1.999 dengan α = 5% dan dk =  ( 32 + 32 -2) = 62.Jadi hal ini dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh media buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriatin, F., Ermiana, I., & Setiawan, H. (2021). MEMBACA PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN GUGUS 04 KECAMATAN PUJUT THE EFFECTIVENESS OF PICTURED STORY TOWARD READING COMPREHENSION SKILL IN STUDY INDONESIAN LANGUAGE FOR STUDENT GRADE III AT SDN GUGUS 04 PUJUT REGENCY. 1(2), 77–84.

Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran (A. Rahman (ed.); DuapuluhDu). PT Rajagrafindo Persada.

Dalman. (2021). keterampilan Membaca (Keempat). Rajawali Pers.

Diba, F., & Muttaqien, N. (2020). Perkembangan Peserta Didik (Kedua). CV Pustakapedia Indonesia.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261

Mawardi. (2019). Dasar - Dasar Metodelogi Penelitian Pendidikan (A. C (ed.); pertama). Samudra Biru.

Mawardi. (2022). Desain Penelitian Tindakan Kelas (A. C (ed.); ketiga). Samudra Biru.

Munawaroh, F. H., Ilmiah, U., & Niswa, B. (2021). MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD (L. Ariyanti (ed.); Pertama). SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118–124. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94

Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi Rakhmat, A. (2018). PENERAPAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. III N, 23–34. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i1

Nopriani, H., & Pebrianti, I. T. (2021). Membaca Komprehensif (Pertama). Deepublish Publisher.

Nurhidayah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, No 4, 42–51. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v2i4.14005

Nyihana, E. (2021). Metode PjBL Berbasis Scientific Approach dalam Berfikir Kritis dan Komunikatif bagi Siswa (Abdul (ed.); Pertama). Penerbit Adab.

Rahim, F. (2018). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar (Kelima). Bumi Aksara.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Riadi, E. (2016). Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan (Z. Arifin (ed.); ketiga). PT Pustaka Mandiri.

Rosnaningsih, A., Izati, S. N., & Fadhillah, D. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi Bagi Calon Guru Pendidikan Sekolah Dasar (Pertama). Pusat Bahasa Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Rosyid, M. Z., Sa’diyah, H., & Septiana, N. (2021). Ragam Media Pembelajaran (Taufikurrahman (ed.); Ketiga). Literasi Nusantara Abadi.

Sribudi, S. (2018). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDN 4 Sembalun Lawang Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Mataran.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); kedua). ALFABETA.

Sunarti, S. (2021). Pembelajaan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar (Moh.Nasrudin (ed.); Pertama). PT. Nasya Expanding Management.

Sunarto. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE THE LEARNING CELL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 40 TOMBO-TOMBOLO KABUPATEN JENEPONTO. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR.

Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan (kedua). ALFABETA.

Suprapto, H. M., & Zubaidah, E. (2021). PENGARUH BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA. LITERA : Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 20(3), 448–449. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/ltr.v20i3.40074

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2019). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (P. Latifah (ed.); Kedua). PT Remaja Rusdakarya.

Downloads

Published

2023-09-01