ANALISIS SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 31 TALANG KELAPA

Authors

  • M. Ardiansyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang
  • Maharani Oktavia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang
  • Puji Ayurachmawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9476

Keywords:

Sikap, Peduli Lingkungan, Siswa, Kelas IV SD

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran sikap peduli lingkungan siswa kelas IV bahwa sikap peduli lingkungan siswa di kelas IV SD Negeri 31 Talang Kelapa sudah baik yang dapat terlihat dari indikator-indikator, seperti siswa membiasakan memelihara kebersihan, kelestarian, membuang sampah, mencuci tangan, hemat energi, dan memisahkan sampah organik dan anorganik di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneliti ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku sikap peduli lingkungan siswa kelas IV di SD Negeri 31 Talang Kelapa termasuk kedalam kategori baik. Hal ini terbukti berdasarkan hasil analisis penelitian tentang sikap peduli lingkungan yang mana siswa telah membiasakan diri untuk piket didalam kelas, membiasakan diri mencuci tangan, dan membiasakan diri membuang sampah ditempatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif . Sukabumi: Tim CV Jejak.

Ayu Damayanti, D., Oktavia, M. ., & Ayurachmawati, P. . (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Materi Gaya SD Negeri 02 Sidomulyo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 585–591. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3125

Ayurachmawati, Puji. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Proyek Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional.

Budi, A. M. (2016). Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Model Experiential Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 5 No 3.

Fadhallah. (2020). Wawancara. Jakarta Timur: 2021.

Farturrahman, A. (2021, Oktober ). Implementasi Pembelajaran PAI Dala Penguatan Karakter Religius Dan Sikap Peduli Sosial Siswa Di SMA Negeri 2 Masbagik. Jurnal Elkatarie, Vol. 4 No. 2, 733-749.

Gunawan, H. D. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa SD Negeri 148 Pekan Baru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Kurniadi, E. (2022). Impleimentasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri SIASEM 04. CENDEKIA.

Matsutono. (2020). 8 Upaya Penerapan Pendidikan Karakter. Ayoguruberbagi.Kemdikbud.

Nasihudin, R. D. (2018). Akuntabilitas Kinerja Penelitian . Bandung: Pusat Penelitian Dan Penerbitan UIN SGD Bandung.

Nugroho, S. C. (2022, Desember). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, Vol. 5 No. 4.

Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya. Jakarta: Pt Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ramadana, I. (2019). Membangun Karakter Siswa Di Zaman Milenial. Yogyakarta: Pendidikan.Id.

Sunandari. (2023). Pentingnya Peduli Lingkungan Terhadap Penanaman Nilai Karakter Pada Siswa. Education.

Warni, D. (2022). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022.

Yusliani, Y. Y. (2020). Meta-Analisis: Pengaruh Integrasi Pendidikan Lingkungan Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, Vol 6 No 1.

Downloads

Published

2023-08-07