PERAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBANGUN KULTUR SEKOLAH DI UPT SPF SD INPRES PACCERAKKANG KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

Authors

  • St Marwah Abd Hamid Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nursalam Dosen Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sulfasyah Dosen Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9415

Keywords:

Dampak, Kultur Sekolah, Pendidikan Karakter, Peran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan dampak pendidikan karakter peserta didik dalam membangun kultur sekolah di UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan  rancangan penelitian fenomenologi dengan teknik pengumpulan data melalui oservasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, guru kelas, guru pendidikan Agama Islam, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peran pendidikan karakter di sekolah dasar dalam membangun kultur sekolah yaitu, Peran pendidikan karakter dalam membangun kultur sekolah sangat  krusial dalam membentuk identitas dan budaya sekolah yang positif dan berkualitas. Implementasi pendidikan karakter menciptakan lingkungan sekolah yang lebih harmonis, inklusif, dan berorientasi pada nilai-nilai etika, sosial, dan moral. Dampak pendidikan karakter dalam membangun kultur sekolah sangat penting dan bermanfaat. Implementasi pendidikan karakter membentuk peserta didik sebagai individu yang berkualitas, beretika, dan memiliki rasa tanggung jawab sosial yang tinggi. Dampak ini menciptakan lingkungan sekolah yang berbudaya, serta peserta didik yang siap untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, R. A., & Soedjono, S. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SDN Mangkang Wetan 02 Kota Semarang. Gema Publica, 3(1), 36. https://doi.org/10.14710/gp.3.1.2018.36-45

Andiarini, S. E., Arifin, I., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238–244. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p238

Banusu, and Faustianus. 2019. Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Spiritualitas (Studi Multi Situs di SDK Mardi Wiyata 1 dan SDK Indriyasana Malang. Disertasi dan Tesis Program Pascasarjana UM.

Creswell, John W. (2021). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kemdikbud. (2019). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 8.

Khotimah, D. N. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. Ilmia Pendidikan, 2(1), 28–31.

Natalini, B., & Hardini, A. T. A. (2020). Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Sd Kanisius Gendongan Salatiga. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 77–86. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3253

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Supraptiningrum, & Agustini. (2015). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 219–228.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Jurnal Pendidikan, 4(1), 220–234. https://doi.org/10.30738/trihayu .v4i1.2119.

Downloads

Published

2023-08-04