MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN INKLUSIF PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN UNGGULAN MINGINSIDI I MAKASSAR

Authors

  • Hamdana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Basri Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sulfasyah Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9897

Keywords:

manajemen pembelajaran, pendidikan inklusif, anak berkebutuhan khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran pendidikan inklusif pada anak berkebutuhan khusus di SDN Unggulan Monginsid I Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN Unggulan Monginsidi I Makassar, Sulawesi Selatan. Instrumen penelitian terdiri atas lembar observasi dan panduan wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Pengabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran pendidikan inklusif di SDN Unggulan Monginsidi I Makassar terdiri atas beberapa tahap dan telah diimplementasikan dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, I. (2016). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Sumbersari 1 Kota Malang. Education and Human Development Journal, 1(1).

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94-100.

Granida, D. (2018). Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: PT Refika Aditama.

Pokja Pendidikan Inklusif Kota Metro. (2015). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Kota Metro. Disdikbud Pemuda dan Olah Raga Kota Metro.

Susilowati, T., Trisnamansyah, S., & Syaodih, C. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 920-928.

Wijaya, D. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2023-09-01