PENGARUH THINK TALK AND WRITE BERBANTUAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Agus Wira Negara Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nursalam Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Mukhlis Madani Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

think talk and write, minat belajar, hasil belajar, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran think talk and write berbantuan video interaktif terhadap minat dan hasil belajar IPS siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan desain penelitian nonequivalen control group design. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas V SDN No. 116 Usa Kabupaten Bulukumba sebanyak 50 siswa. Pengambilan sampel dilakukan melalui sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik angket dan tes hasil belajar kemudian dianalisis melalui analisis deskriptif dan inferensial yaitu independent sampel t test dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa think talk and write berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN No. 116 Usa, Kabupaten Bulukumba.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyaningtias, V. P., & Ridwan, M. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 55-62.

Fitriyah, C. (2018). Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media pada Pembelajaran Tematikdi Kelas Iv SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto Barat (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Leni, M., Mustar, S., & Mahfuz, M. (2022). Strategi Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan Untuk Siswa Pasca Pandemi Covid-19 di Sd Negeri 56 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, IAIN Curup).

Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., & Widyastuti, T. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Cengklong 3. PANDAWA, 3(2), 396-418.

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3).Pritchard, P.E. (1992). Studies on the bread-improving mechanism of fungal alpha-amylase. Journal of Biological Education, 26 (1), 14-17.

Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284-304

Sari, P. W. (2020). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Fariq, A. (2011). Perkembangan dunia konseling memasuki era grobalisasi. Pedagogi, II Nov 2011(Universitas Negeri Padang), 255-262.

Siswanto, Wahyudi & Ariani, Dewi. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita. Reflika Aditama. Bandung.

Suparya, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 2(2), 19-24.

Suyatno. 2009.Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Nasmedia Buana Pusaka. Sidoarjo.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.

Widiastika, I. G. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-talk-write (Ttw) Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2).

Yasmini, W. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPS. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2-1), 68-87.

Downloads

Published

2023-05-25