PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SD MELALUI MODEL STAD BERBASIS PROJEK DENGAN MEDIA EDO

Authors

  • Nurul Badria Fajriyana Universitas Muria Kudus
  • Imaniar Purbasari Universitas Muria Kudus
  • Fina Fakhriyah Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8983

Keywords:

aktivitas belajar, model STAD berbasis projek, media EDO

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN 1 Panjang pada pembelajaran IPAS bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model STAD berbasis projek dengan media EDO. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus dan pada setiap pertemuan terdiri dari dua pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dapat meningkatkan setiap siklusnya, pada siklus I aktivitas siswa memperoleh presentase 52%, naik pada siklus II dengan presentase keberhasilan 80%. Dari hasil tersebut dapat membuktikan bahwa melalui model STAD berbasis projek dengan media EDO merupakan salah satu solusi yang tepat untuk dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dilihat dari hasil presentase keberhasilan pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 28%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Etika Rian Wulandari, Ivayuni Listiani, S. K. (2023). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pendak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1).

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. (2019). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ingriza, R. (2019). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di Kelas IV SDN 33 Gurun Panjang Kecamatan Koto XI Tarusan. Tarbiyah Al-Awlad, 9(2), 155–162.

Isjoni. (2016). Cooperative Leraning. Bandung: Alfabeta.

Lema, F. V. H. ., Yunus, M., & Salim S, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Batulaccu Kota Makasar. EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.52208/embrio.v6i1.185

Sanjaya, W. (2017). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Leraning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000

Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179

Downloads

Published

2023-07-18

Most read articles by the same author(s)