ANALISIS PROSES DAN DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI SD AL-ISLAM PENGKOL JEPARA PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020

Authors

  • Rafida Salsabila PGSD FKIP Universitas Muria Kudus
  • Murtono Murtono PGSD FKIP Universitas Muria Kudus
  • Imaniar Purbasari PGSD FKIP Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v5i2.3422

Keywords:

Online learning

Abstract

This research aims to analyze the online learning process in SD Al-Islam Pengkol Jepara and the impact that affects the online learning process. The place of this research was carried out at Al-Islam Elementary School, Pengkol Village, Jepara District, Jepara Regency. This research uses descriptive qualitative method with a phenomenological approach. The object of this research is the online learning process applied in SD Al-Islam, while the subjects are teachers and students. The target of this research is the principal of SD Al-Islam Pengkol, homeroom teacher and students. Data obtained through in-depth interviews, observation, documentation and recording. The data analysis used is qualitative data analysis. The continuity of online learning with the processes in it has an impact and can overcome it so that the online learning process can run smoothly.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurdin, Irfan. 2017. Penerapan sistem pembelajaran jarak jauh berbasis mooc. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Pohan, Albert. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah:Purwodadi.

Indra, Yuniar Eko. 2015. Pengaruh media pembelajaran langsung melalui media flash terhadap minat belajar dan pemahaman konsep, Vol.10 No.1, 53 – 59.

Bilfaqih, Qomarudin. 2015. Esensi pengembangan pembelajaran daring:Yogyakarta.

Daheri, Juliana,dkk. 2020.Efektivitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu. 4(4), 775-783.

Sri, Damayanti. 2019. Meta Analisis Tutor Kuliah Online. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 20(1), 33-38.

Dewi, Wahyu. 2020. Dampak Covid Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61

Hamdan, Delia. 2020. Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74-84.

Rimbarizki, Rimbun. 2017. Penerapan model pembelajaran daring kombinasi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik paket C. Karanganyar.

Kuntarto, Eko. 2017. Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan Bahasa Indonesia di perguruan tinggi:Jambi. Universitas Jambi.

Marti, Ni Wayan. 2016. Sistem Pembimbing Daring dalam proses penyusunan skripsi dan tugas akhir mahasiswa: Bali. Universitas Pendidikan Ganesha.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Herdiansyah Haris. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial.Jakarta: Salemba Humanika.

Moloeng, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Wiguna, Redita., Sutisnawati, Astri dan Lyesmaya, Dyah. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Siswa Berbasis Online Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Perseda, III, (2)

Downloads

Published

2020-12-30

Most read articles by the same author(s)