MEMAHAMI PENGARUH KEBUDAYAAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Vachry Dhani Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang
  • Neviyarni Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang
  • Risky Dwi Cahya Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8825

Abstract

Pentingnya memahami pengaruh kebudayaan dan kepribadian dalam pendidikan merupakan faktor kunci dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, beragam, dan relevan. Dengan memahami pengaruh kebudayaan dan kepribadian dalam pendidikan, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang inklusif, menghargai keberagaman, dan mendorong pertumbuhan holistik siswa. Metode dalam menyusun artikel ini menggunakan studi literatur. Studi literatur ini mencakup buku, artikel, dan referensi yang berkaitan dengan perkembangan bahasa, intelektual, emosi dan sosial anak yang menjadi referensi dalam melakukan penelitian ini. Metode studi literatur digunakan untuk mendapatkan kesimpulan yang valid dan akurat, Hubungan antara kebudayaan dan pendidikan sangat erat karena pendidikan dalam konteks sekolah adalah salah satu cara di mana nilai-nilai dan norma-norma budaya dikembangkan, dipertahankan, dan dialihkan kepada generasi muda. Setiap siswa memiliki gaya belajar, preferensi, dan kebutuhan belajar yang berbeda. Mengakui perbedaan kepribadian siswa memungkinkan pendidik untuk memahami cara terbaik untuk mengajarkan dan mendukung siswa secara individual. Dengan memperhatikan preferensi dan kebutuhan belajar mereka, pendidik dapat menyesuaikan strategi pengajaran, menawarkan sumber daya yang sesuai. Dalam keseluruhan, pendidikan di sekolah dasar harus mengakui pentingnya kebudayaan dan kepribadian siswa. Integrasi nilai-nilai budaya dalam pembelajaran dan memahami perbedaan kepribadian siswa membantu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, mendukung, dan mempromosikan perkembangan holistik siswa. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan identitas, keterampilan sosial, dan kemampuan belajar yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Luth, M. (1994). Kebudayaan.

Normina, N. (2017). Pendidikan dalam Kebudayaan. ITTIHAD, 15(28), 17-28.

Ridhani, M. T. (2022). Pengaruh Kebudayaan dan Pendidikan Terhadap Jati Diri Bangsa Indonesia.

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap kepribadian anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126-129.

Selasih, N. N. (2016). Kaitan pendidikan dan kepribadian manusia dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(1), 71-77.

Downloads

Published

2023-08-05

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4