ANALISIS IMPLENTASI KURIKULUM 2013 DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SDS IT CINTA ISLAM PADANG

Authors

  • Dina Erina Nasution Program Studi Pendidikan Dasar FIP Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Program studi pendidikan dasar FIP Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.6923

Abstract

Tujuan penelitian ini kurikulum Merdeka memperbaiki kekurangan yang terdapat pada kurikulum sebelumnya. melalui kurikulum merdeka diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai diharapkan; Lingkungan belajar yang aman, nyaman, inklusif, dan menyenangkan, Pembelajaran yang berpusat pada murid dapat terwujud. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Jenis penelitian ini adalah jenis deskriptif (ekposefacto). Penelitian ini metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan (3) dokumentasi. Validasi data penelitian dilakukan melalui triangulasi k-means. Hasil penelitian Penerapan Kurikulum Merdeka di Kelas I dan IV SDS IT Cinta Islam Padang Menurut Kepala Sekolah SDS IT Cinta Islam Padang, Pemerintah memperkirakan sekolah-sekolah di seluruh Indonesia akan menggunakan Rencana Merdeka-Lero pada tahun 2022, Membuat kurikulum secara utuh, darurat, Jadwal kursus tahun 2013 yang ditata dengan jelas dan jadwal kursus menyeluruh dengan pilihan untuk belajar, tumbuh, dan berangkat.   Kata kunci: Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anis, Muhammad, and Choiril Anwar. 2020. “Self-Organized Learning Environment Teaching Strategy for ELT in Merdeka Belajar Concept for High School” 5 (2): 199–204. https://doi.org/10.21070/jees.v5i2.869.

Dasar, Sekolah, Abdul Khafid Anridzo, Imron Arifin, and Dwi Fitri Wiyono. 2022. “Jurnal Basicedu” 6 (5): 8812–18.

Growth, Student, Mindset Dalam, and Konsep Kurikulum. 2021. “Student Growth Mindset Dalam Konsep Kurikulum Merdeka,” 23–33.

Guru, Pendidikan, Sekolah Dasar, and Universitas Islam Riau. 2021. “Jurnal Basicedu” 5 (3): 1191–97.

Jannah, Faridahtul, Putri Fatimattus, and Az Zahra. 2022. “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022” 4 (2): 55–65.

Kosassy, Siti Osa. 2017. “ANALISIS KONSEP DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SITI OSA KOSASSY, S.Sos., M.Si.” 12 (1): 78–89.

Kristiantari, Mg Rini. 2014. “ANALISIS KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF MENYONGSONG KURIKULUM 2013” 3 (2): 460–70.

Manalu, Juliati Boang, Pernando Sitohang, Netty Heriwati, and Henrika Turnip. 2022. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar” 1: 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174.

Merauke, D I Kota. 2013. “ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013,” 307–16.

Nasution, Suri Wahyuni. 2022. “Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar” 1: 135–42. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181.

Novitasari, Ririn Dwi, Arfilia Wijayanti, and Filia Prima Artharina. 2019. “Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Implementasi Kurikulum 2013” 2 (2): 79–86.

Pattimura, Universitas, Indonesia Poka, Kec Tlk Ambon, and Universitas Negeri Yogyakarta. 2022. “Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Progresivisme” 26 (1): 1–14.

Potensia, Jurnal Ilmiah. 2021. “Accepted: July 28” 6 (2): 165–71.

Rostika, Desi. 2013. “DENGAN SISTEM KREDIT SEMESTER.”

Sejarah, Jurnal, Pembelajaran Sejarah, and Kurikulum Merdeka. 2022. “Sejarah Dan Budaya :,” 225–34. https://doi.org/10.17977/um020v13i22019p.

Sosial, Jurnal. 2021. “Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I” 8 (6): 2001–10. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23821.

Suryana, Cucu, Ima Nurwahidah, and Asep Herry Hernawan. 2022. “Jurnal Basicedu” 6 (4): 5877–89.

Zahir, Abdul, and Rahmawati Nasser. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Luwu Timur” 2 (2): 1–8.

Downloads

Published

2023-05-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>