PERBEDAAN MODEL THINK TALK WRITE DAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD GUGUS BRAJALAKSANA

Authors

  • Ria Putri Utami Universitas Kristen Satya Wacana
  • Henny Dewi Koeswanti

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8820

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara model Think Talk Write dan Example Non Example terhadap keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas IV SD Gugus Brajalaksana. Jenis Penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain penelitian non equivalent control gorup design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Jonggolsari dan SD Negeri 3 Leksono di mana siswa kelas IV SD Negeri 1 Jonggolsari adalah kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write sedangkan kelas IV SD Negeri 3 Leksono adalah kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes. Semua siswa dari dua kelas tersebut terlebih dahulu diberikan pretest untuk mengetahui kemampuan awal, kemudian kedua kelas diberikan perlakuan lalu diberikan posttest untuk mengetahui kemampuan akhir siswa. Berdasarkan analisis data, uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test diperoleh hasil Sig. (2-tailed) = 0,002 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model Think Talk Write dan Example Non Example terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Gugus Brajalaksana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N. I., & Dwina, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Pemahaman Konsep Matematika peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 10 Padang. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8(1), 91–96.

Astriani, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantu Media Gaser terhadap Ketrampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Ngesrep 01. Jurnal Pendas Mahakam, 2(1), 91–99.

Enni, & Syaharuddin. (2022). Improving Skill of Descriptive Writing by Using Think Talk Write ( TTW ). JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 199.

Fatkasari, D., & Subrata, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Petung Asri 3 Kecamataan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Surabaya.

Huda. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kurniasari. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Limbong, M., Lubis, W., & Harahap, M. (2021). The Effect of Using Think-Talk-Write (TTW) Model on Students’ Writing Ability of Descriptive Text a Study at The Eighth Grade of Smp Negeri 3 Satu Atap Sosorgadong in 2020/2021 Academic Year. Jurnal Liner, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 4(3), 160–174.

Nugraha, J., MS, Z., & Fuad, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Saintifik Dengan Metode Problem Based Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 118–124. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37

Purnomo, A. (2014). Improving descriptive writing skill through mind mapping technique. Power Relation In Memoirs Of Geisha And The Dancer, 95.

Selvia, B. F., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Metode Show Not Tell Dan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V Gugus 5 Desa Setiling. Journal of Classroom Action Research, 4(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1822

Situmorang, R. A. P., Napitupulu, F. D., Sidabutar, U., Sinaga, N. W., Naingolan, B. W., & Sihotang, S. (2022). Example Non-Example Method for Improving Students’ Writing Descriptive Text. Exposure : Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 11(1), 116–125. https://doi.org/10.26618/exposure.v11i1.7528

Downloads

Published

2023-08-04