IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS HOTS SISWA KELAS IV

Authors

  • Ika Dyah Kumalasari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yuyun Yulia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Banun Havifah Cahyo Khosiyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8406

Keywords:

Kata kunci: Hasil belajar Matematika; HOTS; Poject Based Learning (PjBL)

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) siswa kelas IV menggunakan  model  Project Based Learning (PjBL) di SD Negeri Sompokan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas melalui  dua  siklus. Setiap  siklus  terdiri  dari  dua pertemuan. Berdasarkan  hasil penelitian  menunjukkan  bahwa penerapan  model  PjBL dapat  meningkatkan  hasil belajar matematika berbasis HOTS siswa kelas IV di SD Negeri Sompokan dengan hasil ketuntasan saat prasiklus 36%, meningkat menjadi 57% pada siklus I dan  menjadi  82%  pada  siklus  II. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa sudah menunjukan pemikiran kritis dan kreatif dalam penyelesaian masalah, dilihat dari proses pembelajaran serta hasil karya siswa.  Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) siswa kelas IV di SD Negeri Sompokan tahun pelajaran 2022/2023.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, I., Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2021). HOTS (High Order Thingking Skill) dalam Paedagogik Kritis. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). Diakses di https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2211

Desiriah, E., & Setyarsih, W. (2021). Tinjauan literatur pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) fisika di sma. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 79–89. Diakses di https://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/4436

Fahrurrozi. (2020). Increasing the Students’ ability of High Order Thinking Skill (HOTS) By Implementing of blended learning. Journal of Physics: Conference Series, 1539(1), 012061. Diakses di https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1539/1/012061

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. In The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer Singapore. Diakses di https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2.

Kenedi, A. K., Hendri, S., & Ladiva, H. B. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Numeracy, 5(2), 226–235. Diakses di https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/396

Kusuma, A. P., & Fatih’Adna, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains Dan Matematika Unpam, 3(2), 150–160. Diakses di https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2123598

Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220–229. Diakses di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17775

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model Project Based Learning terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2). Diakses di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17493/10513

Nurul‘Azizah, A., & Wardani, N. S. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 194–204. Diakses di https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/280

Rahayu, L. S., Irianto, S., & Anggoro, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Volume Bangun Ruang Tak Beraturan Menggunakan Model Project Based Learning di kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019, 1(1), 243–256. Diakses di http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1438

Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(4), 436–446. Diakses di https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/374

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269. Diakses di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25336

Sutarti, N. P. S. E., & Wibawa, I. M. C. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran matematika. Journal of Education Action Research, 2(4), 295–305. Diakses di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/16319

Downloads

Published

2023-07-02

Most read articles by the same author(s)