IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS HOTS SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8406Keywords:
Kata kunci: Hasil belajar Matematika; HOTS; Poject Based Learning (PjBL)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) siswa kelas IV menggunakan model Project Based Learning (PjBL) di SD Negeri Sompokan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika berbasis HOTS siswa kelas IV di SD Negeri Sompokan dengan hasil ketuntasan saat prasiklus 36%, meningkat menjadi 57% pada siklus I dan menjadi 82% pada siklus II. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa sudah menunjukan pemikiran kritis dan kreatif dalam penyelesaian masalah, dilihat dari proses pembelajaran serta hasil karya siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) siswa kelas IV di SD Negeri Sompokan tahun pelajaran 2022/2023.Downloads
References
Abraham, I., Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2021). HOTS (High Order Thingking Skill) dalam Paedagogik Kritis. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). Diakses di https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2211
Desiriah, E., & Setyarsih, W. (2021). Tinjauan literatur pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) fisika di sma. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 79–89. Diakses di https://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/4436
Fahrurrozi. (2020). Increasing the Students’ ability of High Order Thinking Skill (HOTS) By Implementing of blended learning. Journal of Physics: Conference Series, 1539(1), 012061. Diakses di https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1539/1/012061
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. In The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer Singapore. Diakses di https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2.
Kenedi, A. K., Hendri, S., & Ladiva, H. B. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Numeracy, 5(2), 226–235. Diakses di https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/396
Kusuma, A. P., & Fatih’Adna, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains Dan Matematika Unpam, 3(2), 150–160. Diakses di https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2123598
Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220–229. Diakses di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17775
Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model Project Based Learning terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2). Diakses di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17493/10513
Nurul‘Azizah, A., & Wardani, N. S. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 194–204. Diakses di https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/280
Rahayu, L. S., Irianto, S., & Anggoro, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Volume Bangun Ruang Tak Beraturan Menggunakan Model Project Based Learning di kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019, 1(1), 243–256. Diakses di http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1438
Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(4), 436–446. Diakses di https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/374
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269. Diakses di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25336
Sutarti, N. P. S. E., & Wibawa, I. M. C. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran matematika. Journal of Education Action Research, 2(4), 295–305. Diakses di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/16319
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.