EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR NEGERI JATISAWIT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8020Abstract
Pendidikan karakter sudah lama digaungkan oleh pemerintah Indonesia dan menjadi budaya bangsa. Akan tetapi, di era digitalisasi ini, karakter bangsa pada umumnya semakin luntur, dan karakter generasi muda pada khususnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketercapaian program pendidikan karakter di SD Negeri Jatisawit. Penelitian ini adalah jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menekankan pada kualitas data atau kedalaman data yang diperoleh. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data Milles & Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) kesiapan sekolah untuk mengimplementasikan pendidikan karakter baik, dinilai dari kurikulum yang telah terintegrasi pendidikan karakter, namun masih kurang dalam hal pengelolaan sarana prasarana pendukung dan banyak guru memerlukan lebih banyak pengetahuan dan keterampilan tentang pendidikan karakter; (2) implementasi pendidikan karakter belum tampak pada kegiatan pembelajaran; (3) dukungan dari pemerintah dalam sosialisasi atau pelatihan dirasa masih kurang oleh sekolah; (4) monitoring dan evaluasi pendidikan karakter masih terbatas pada kurikulum dan dilakukan melalui pembinaan oleh pengawas di setiap sekolah; dan (5) kendala yang umum dihadapi sekolah adalah penilaian sikap siswa yang belum terdokumentasi, kurangnya pemahaman guru untuk dapat mengimplementasikan pendidikan karakter, dan tidak adanya sinergi antara pendidikan di sekolah dengan pendidikan di rumah.Downloads
References
Amruddin.dkk. 2022. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Publica Indonesia Utama.
Ani Nur Aeni. 2014. Pendidikan Karakter untuk Mahasiswa PGSD Hlm. 23. Bandung :Upi Press.
Fadhallah. 2021. Wawancara. Jakarta: UNJ Press.
Kemdiknas. (2010). Kerangka acuan pendidikan karakter tahun anggaran 2010. Jakarta: Kemdiknas
Koesoema, D. (2012). Pendidikan karakter utuh dan menyeluruh. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Lickona, T. (2001). What is good character? [Versi Elektronik]. Reclaiming Chidren and Youth, 5, 239-251.
Lickona, T. (2004). Character matters: how to help our children develop good judgment, integrity, and other essential
virtues. New York: Touchstone
Mashar, Riana. 2015. Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Munib, A. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : UPT MKK UNNES.
Purwanto, Anim. 2022. Konsep Dasar Penelitian Kualitatif. Lombok Tengah: Pusat Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Sujana, I. W. C. 2019. Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. J Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.
Susilo, Rahardjo. Gudnanto. 2000. Pemahaman Individu Teknik Nontes. Jakarta:Prenada Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.