PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11777Keywords:
Project Based Learning, TPACK, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Sompokan yang masih rendah pada muatan pendidikan pancasila khususnya materi bhineka tunggal ika. Permasalahan tersebut terjadi dikarenakan kurangnya keterlibatan peserta didik pada kegiatan pembelajaran. Peserta didik membutuhkan model pembelajaran yang mampu melibatkan secara aktif pada proses pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis pendekatan TPACK terhadap hasil belajar peserta didik pada muatan pendidikan pancasila. Data diperoleh dari hasil tes melalui instrumen tes yang diberikan yang kemudian hasil tersebut dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji paired sample T test. Hasil uji analisis data menunjukkan bahwa data yang diperolej bersifat normal. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dan dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan mengenai hasil belajar peserta didik muatan pendidikan pancasila sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran project based learning berbasis pendekatan TPACK.Downloads
References
Asis, S., & Berdiati, E. (2014). Pembelajaran Efektif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Barus, A. M., Sari, W. W., Stephanie, L., & Rahayu, I. P. (n.d.). Panduan dan Praktik Baik Project-Based Learning: Menginspirasi, Mencipta, dan Mendedikasikan Karya. PT Kanisius.
Budiyono, B. (2020). Inovasi pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran di era revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300–309.
Ernata, Y. (2017). Analisis motivasi belajar peserta didik melalui pemberian reward dan punishment di sdn ngaringan 05 kec. Gandusari kab. Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781–790.
Farida, F., Fitria, Y., Saputri, L., & Syawir, S. (2018). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Projek Based Learning (PjBL) di Kelas V SD Pembangunan UNP: Hasil Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Jurnal Pds Unp, 1(1), 89–95.
Koehler, M. J., Mishra, P., Akcaoglu, M., & Rosenberg, J. M. (2013). The technological pedagogical content knowledge framework for teachers and teacher educators. ICT Integrated Teacher Education: A Resource Book, 2–7.
Raharjo, P. B. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Model Inquiry pada Mata Pelajaran Ipa. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(2), 12–20.
Slavin, R. E. (2011). Psikologi pendidikan teori dan praktik. Jakarta: Indeks.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Tindakan Kelas Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wijaya, T. T., Murni, S., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis tpack menggunakan hawgent dynamic mathematics software. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(3), 64–72.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.