PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TPACK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Puspita Putri Sinta Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ika Dyah Kumalasari SD Negeri Sompokan
  • Sutrisna Wibawa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11806

Keywords:

Project Based Learning, TPACK, Keaktifan Peserta Didik

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran adalah hal penting yang harus dikuasai oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat keaktifan belajar peserta didik dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan TPACK. Pendekatan TPACK yang digunakan dengan bantuan media YuWordWAG (Youtube, Wordwall dan WhatApps Group). Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tidakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian pada kelas 5 SD Negeri Godean 1 Sleman dengan jumlah 29 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan Model PjBL berbasis TPACK mampu menunjang peserta didik guna lebih fokus dan memudahkan dalam pemahaman materi karena penyajian materi yang menarik. Hasil persentase kenaikan keaktifan peserta didik siklus I 10,34% (Kurang) dan siklus II meningkat menjadi 89,65 % (Baik).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhyar, S. M., and D. A. Dewi. 2022. “Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi.” Jurnal Kewarganegaraan 6(1):1541–46.

Alhayat, Amsal et al. 2023. “The Relevance of the Project-Based Learning (PjBL) Learning Model with ‘Kurikulum Merdeka Belajar.’” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 7(1):105. doi: 10.20961/jdc.v7i1.69363.

Arikunto, Suharsimi et al. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Fajri, Iwan et al. 2021. “Pendidikan Nilai Dan Moral Dalam Sistem Kurikulum Pendidikan Di Aceh.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 9(3):710–24.

Halizha, Chintya Asti et al. 2023. “Penggunaan Pendekatan TPACK Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Keaktifan Kelas IV SDN Podorejo 01.” 7(2020):29328–35.

Hanafiah, Diana et al. 2023. “Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pendidikan Pancasila Kelas IV Di Sekolah Implementasi Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7(2):539. doi: 10.35931/am.v7i2.1862.

Handoyo, Adityas Budi, and Ana Fitrotun Nisa. 2023. “Penerapan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan TPACK Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar Pdda Mata Pelajaran IPA.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (20):640–49.

Hayani, Sari Nur, and Sutama Sutama. 2022. “Pengembangan Perangkat Dan Model Pembelajaran Berbasis TPACK Terhadap Kualitas Pembelajaran Daring.” Jurnal Basicedu 6(2):2871–82. doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2512.

Nisbatul, Annisa et al. 2023. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Group Investigation (GI) Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pacu Pendidikan Dasar 03(1):42–54. doi: 10.24246/j.scholaria.2014.v4.i3.p97-106.

Numini, Wa. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Kelas XI TKJ2 Smkn Negeri 3 Gorontalo.” JAMBURA ECONOMIC EDUCATION JOURNAL 5(2):112–29. doi: 10.53682/charmsains.v3i2.176.

Nuryani, Sri et al. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 4(2):599–603. doi: 10.51494/jpdf.v4i2.952.

Downloads

Published

2024-01-05

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>