PENERAPAN MEDIA KABAR SISCA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA SISWA SDN JOHO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8386Abstract
Siswa kelas III SDN Joho memiliki kemampuan menulis cerita yang kurang. Sejumlah 10 dari 12 anak (83,33%) belum mampu menulis cerita dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Kabar Sisca (Kartu Bergambar Berbasis Canva) sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas III SDN Joho. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode Kemmis & McTaggart melalui 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Instrumen yang digunakan tes dan nontes. Tes menggunakan pedoman soal dan nontes menggunakan pedoman observasi dan pedoman analisis dokumen. Hasil akhir dari pelaksanaan tindakan dilihat dari penilaian harian pada siklus I dan II. Penilaian harian siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 orang siswa (58,33%), dengan rata-rata nilai 80,42, sehingga belum mencapai ketuntasan klasikal, dan pada penilaian harian siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa (83,33%) dengan rata-rata nilai 85,42. Terdapat peningkatan rata-rata nilai dari siklus I dan II yaitu sebesar 5,00. Oleh karena itu, penerapan media Kabar Siswa (Kartu Bergambar Berbasis Canva) dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas III SDN Joho. Kata kunci: kartu bergambar, Canva, keterampilan menulisDownloads
References
Aminu, Y. (2020). Pengembangan Model Jerold Melalui Kartu Kalimat Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas V SD. Syntax Idea, 2(2), 98-103.
Asip, Muhammad. (2022). Bahasa dan Sasta Indonesia SD Berorientasi Kurikulum Merdeka.Yogyakarta: UNY Press.
Azizah, R. (2019). Penerapan Media Kartu Gambar Bergambar dalam Pembelajaran Menulis Cerita Siswa Kelas V SD Negeri Pacar Keling II. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Matematika, Sains, dan Teknologi, 1(1), 216-221.
Bachtiar, D. Y., Suhartiningsih, S., & Sihono, S. (2014). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media kartu kata bergambar pada siswa kelas III SDI Al-Khairiyah Banyuwangi tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Edukasi, 25-28.
Fauzi, A. A., & Nuryanto, R. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Sukodono 02. Edutech, 3(1), 24-31.
Hadi, S. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 63-73.
Kirana, C. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Bagi Siswa Kelas IV Melalui Media Amplop Literasi. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 92-97.
Kurniawati, A., & Ananda, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita melalui Media Kartu Gambar pada Siswa Kelas IV SDN Sukawidodo I. Journal of Primary Education, 6(1), 66-74.
Kurniawan, A., & Satria, D. (2020). Penerapan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita pada Siswa Kelas V SD Negeri 08 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 123-131.
Sari, E.S., & Kurniaman, O. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 067 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8 (2), 125-138.
Purwanti, T. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Menggunakan Media Kartu Gambar Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Geneng Jepara. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 100-105.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.