PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TAK SAKU MELALUI MODEL TGT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KATA BAKU SISWA SD

Authors

  • Armi Yustina Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Siti Rochmiyati Pascasarnaja Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11037

Keywords:

Media Pembelajaran, TGT (Teams Games Tournament), Kata baku

Abstract

Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa yang menjadi mata pelajaran pokok untuk diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Meskipun menjadi mata pelajaran wajib, masih terdapat banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam penulisan kata baku dalam Bahasa Indonesia. Siswa merasa kebingungan antara penulisan dan pengucapan kata baku, hal ini disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya: lingkungan, sosial media dan perubahan sosial budaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kata baku dengan menggunakan media pembelajaran TAK SAKU dan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament).  Media pembelajaran TAK SAKU adalah media permainan ular tangga yang dimodifikasi sesuai dengan materi pelajaran kata baku. Model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) adalah kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam bentuk permainan dalam kelompok. Penggunaan media dan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan pemahaman siswa belajar siswa, hal ini terbukti dari hasil penelitian tindakan kelas yang menunjukan adanya peningkatan dari kondisi awal nilai rata-rata siswa sebesar 58 meningkat menjadi 67 pada siklus I dan 81 pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, U. U. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 1-12.

Astuti, D., & Fatimah, S. (2022). Pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di sma negeri 10 palembang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE), 2(1), 7-16.

Daryanto. 2014.Penelitian Tindakan kelas dan penelitian Tindakan sekolah. Yogyakarta: Grava Media

Gunarta, I. G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112-120.

Negara, I. M. Y. C., Arnawa, N., & Sanjaya, D. B. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PETA BUMING PADA MATERI KOSAKATA BAKU SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2), 343-354.

Rasuli, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Kata Baku Dan Tidak Baku dengan Media Flash Card pada Siswa Kelas VI SDN Semaye Tahun Pelajaran 2018/2019. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(2).

Sutarsih, S. (2021, December). Pengembangan Aplikasi SAC sebagai Media Pembelajaran Menulis Kosakata Baku Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 338-342).

Seel, M. N., & Winn, W. D. (2012). Research on media and learning: Distributed cognition and semiotics. Theory, research, and models of instructional design: international perspective Vol, 1, 293-326.

Wardana, M. A. W., Saddhono, K., & Rakhmawati, A. (2022). Peningkatan Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa pada Siswa Disleksia melalui Metode Team Games Tournament dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(1), 71-82.

Yuliawati, A. A. N. (2021). Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi belajar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 356-36

Downloads

Published

2023-12-03

Most read articles by the same author(s)