MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL ROUNDTABLE DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Chandra Wiwit Rahayu Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Siti Rochmiyati Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11508

Keywords:

menulis, teks narasi, kooperatif roundtable

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dipelajari dan dikembangkan bagi peserta didik. Keterampilan menulis mampu membantu peserta didik untuk mengekspresikan diri, menyampaikan gagasan, dan memecahkan masalah. Salah satu jenis teks yang perlu dipelajari oleh peserta didik adalah teks narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan menulis teks narasi peserta didik kelas VI sekolah dasar melalui pembelajaran kooperatif model roundtable. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe roundtable dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi peserta didik kelas VI sekolah dasar. Hal ini terlihat dari hasil observasi, wawancara, dan tes. Peningkatan keterampilan menulis teks narasi peserta didik sebesar 17%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe roundtable dapat menjadi alternatif pembelajaran menulis teks narasi yang efektif. Model pembelajaran ini dapat melatih peserta didik untuk bekerja sama, saling membantu, dan saling menghargai pendapat. Hal ini dapat mendorong peserta didik untuk lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Kata Kunci: menulis, teks narasi, kooperatif roundtable

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade Haerullah and Said Hasan. 2021. PTK dan Inovasi Guru. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. Available at: www.penerbituwais.com.

Agung Prihatmojo and Rohmani. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Who Am I. Lampung: Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Apri Damai Sagita Krissandi, B. Widharyanto and Rishe Purnama Dewi. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Bekasi: Penerbit Media Maxima.

Husna Farhana, Awiria and Nurul Muttaqien. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Harapan Cerdas Publisher.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2022. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A- Fase F. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Khair, U. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Available at: http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JPD.

Kharisma, A., Hartati, T., Damaianti, V.S. and Solehuddin, M. 2021. Kesulitan Anak Usia 10-11 Tahun dalam menulis Faktual Ragam Eksplanasi. Jurnal Basicedu 5(2), pp. 895–902. doi: 10.31004/basicedu.v5i2.851.

Krissandi, A.D.S., B. Widharyanto and Rishe Purnama Dewi. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Jakarta: Penerbit Media Maxima.

Mu’alimin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Pasuruan: Ganding.

Pendidikan, K. et al. 2018. Teks Narasi dan Literasi Buku Fiksi-Nonfiksi (Cas dari Cerita dan Buku). Kalimantan Selatan: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Kalimantan Selatan.

Purba, E.F. and Parulian Simanjuntak, Ms. 2011. Metode Penelitian Universitas HKBP Nommensen Medan.

Rudi Ritonga, Rossi Iskandar, Yusep Ridwan and Rizqon Halal Syah Aji. 2021. Penelitian Tindakan Kelas Strategi pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Ranka Publishing.

Salim, Isran Rasyid Karo-karo and Haidir. 2019. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya Bagi Mahasiswa Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Medan: Perdana Publishing.

Sofia Agustina, E. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum 2013 Oleh. Available at: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/aksara.

Downloads

Published

2024-01-01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>