PENERAPAN SENI MUSIK DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8119Keywords:
Seni, Musik, Sekolah DasarAbstract
Seni musik memiliki peran penting dalam pendidikan anak sekolah dasar dan perkembangan kreativitas mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan seni musik di sekolah dasar dan dampaknya terhadap pembelajaran kreatif serta pengembangan siswa. Studi ini menggunakan studi pustaka terkait kurikulum seni musik di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan seni musik di sekolah dasar memberikan manfaat yang signifikan bagi pembelajaran kreatif siswa. Seni musik memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi secara aktif, berkolaborasi, dan mengungkapkan ekspresi diri mereka melalui musik. Aktivitas seperti bernyanyi, memainkan alat musik sederhana, dan menari membantu mengembangkan keterampilan sosial, motorik, kognitif, dan emosional siswa.Downloads
References
Djohan. (2005). Psikologi Musik. Yoyakarta: Buku Baik
Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’. Vol 8. No 1
Jamalus. (1988). Pengajaran Musik melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pramono, Octavia. (2015). Temukan Sedini Mungkin Keajaiban Potensi Anak Anda. Yogyakarta: In Azna Books.
Prawiradilaga, Dewi Salma. (2008). Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.