RELEVANSI FILSAFAT PROGRESIVISME TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENYONGSONG ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Rahmi Yulia Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Program Pascasarjana, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.6875

Keywords:

Progressivism, Independent Curriculum, Era Society 5.0

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi filosofi progresivisme dengan penerapan kurikulum mandiri dalam menyongsong era society 5.0. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka untuk menguraikan konsep-konsep yang relevan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum belajar mandiri sejalan dan berkaitan erat dengan aliran progresivisme. Kurikulum mandiri memberikan keluasan kepada guru dan siswa dalam mengungkapkan ide dan ungkapan. Ciri-ciri kurikulum mandiri meliputi pembelajaran proyek, materi esensial dan fleksibel

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisel, S. (2022). Pendidikan Merdeka Belajar dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(8.5.2017), 467–477.

Agung Siswoyo, M. P. (2021). MERDEKA BELAJAR. Penerbit Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=chFZEAAAQBAJ

Amalia, M. (2022a). Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Society 5.0 Untuk Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) Volume, 1(2), 1–6. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Amalia, M. (2022b). Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Society 5.0 Untuk Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) Volume, 1, 1–6. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Annas Fitria Saadah, Rufus Goang Swaradesy, D. P. (2022). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI “ TAMSISKU ”( PERSPEKTIF It is very important to instill character education from an early age . Strengthening character education can be done in various ways . One of the media in the formation of a child ’ s character is. 9(2), 482–492.

Ansumanti. (2022). Persiapan Guru Dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Merdeka Belajar Di SDN 140 Seluma Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 3(3), 1–6. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/595

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Arifin, N. (2020). Pemikiran Pendidikan John Dewey. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2(2), 168–183. https://doi.org/10.47467/assyari.v2i2.128

Bahar, H., & Herli, Sundi, V. (2020). Merdeka Belajar Untuk Kembalikan Pendidikan Pada Khittahnya. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 115–122.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Darma, A. (2018). Perilaku Profesional Guru Progresif. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 143. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3891

Didik, M. P. (2022). Arus Jurnal Pendidikan ( AJUP ) Kurikulum Merdeka Belajar sebagai Wujud Pendidikan yang Memerdekakan Peserta Didik.

Dr. Lalu Muhammad Nurul Wathoni, M. P. I. (n.d.). Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Pemikiran Filosofis Kurikulum 2013. Uwais Inspirasi Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=I2pwDwAAQBAJ

Ersanda, P. A. (2022). Eksistensi Pemikiran John Dwey Dalam Pendidikan Di Indonesia. Sindang, 4(2), 134–140.

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Jurnal jendela pendidikan. Jendelaedukasi.Id, 01(02), 48–60. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/6

Fahlevi, M. R. (2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka (2022). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11–27. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258.

Hani Subakti, S. P. M. P., Zakaria, M. P., Riana Isti Muslikhah, M. P., Si, S. P. S. M., Dr. Jeffrit Kalprianus Ismail, M. P. K., Dr. Atik Badi’ah, S. P. S. K. M. K., Maisarah, M. P., Dr. Sumarsih, M. P., Ns. Arif Munandar, S. K. M. K., & Indonesia, M. S. (2022). Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=FStgEAAAQBAJ

Ibrahim, R. (2018). Filsafat Progresivisme Perkembangan Peserta Didik. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 10(1), 151–166. https://doi.org/10.32489/al-riwayah.156

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunarto Gandi, Abdul Muin, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. In CV. Literasi Nusantara Abadi (Vol. 4, Issue 1).

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Mulyasa, H. E., & Aksara, B. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=0WAlEAAAQBAJ

Nasution, A. (2022). TAFAHHAM : Jurnal Pendidikan dan Riset MANAJEMEN PENDIDIDIKAN DALAM PERSEFEKTIF. 1(1), 71–81.

Noviyanti, I. N. (2019). Curriculum 2013 Based on The Philosophy Perspective of Progressivism. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 9(1), 35. https://doi.org/10.20961/jmme.v9i1.48287

Nugraha, A. E. (2018). Relevansi Konsepsi Pendidikan Hamka Dengan Konsep Pendidikan Nilai Dalam Sistem Pendidikan Nasional . NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 196–215. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.160

Nur Falah, M. Z., Rohmah, M., Surbhi, S., & Amiir, M. (2022). Pendidikan Progresif John Dewey: Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Di Indonesia. El -Hekam, 7(1), 28. https://doi.org/10.31958/jeh.v7i1.5782

Pendidikan, F. (1972). Filsafat pendidikan (Issue 0370).

Prasetya, D. S. B., Marisi, C. G., Noyita, E., Heeng, G., & ... (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Optimalisasi Pelaksanaan Merdeka Belajar Pada Masa Pandemi di Daerah 3T. Didaxei, 3(1), 332–345. http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/495%0Ahttp://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/viewFile/495/234

Prihatinia, S., & Zainil, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). Pendidikan Tambusai, 4(2), 1511–1525.

Priyanto, D. (2017). Implikasi Aliran Filsafat Pragmatisme Terhadap Praksis Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 177–191. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.47

Putri Diah. (2019). Elementa: jurnal prodi pgsd stkip pgri banjarmasin. 1(1), 48–60. https://doi.org/10.33654/pgsd

Rapar, J. H., 1996. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Richardo, R., Eliana, H. U., & Cahdriyana, R. A. (2021). Progresivisme dan Perspektifnya terhadap Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8(1), 35–43. https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v8i1.268

Ruslan. (2018). Perspektif Aliran Filsafat Progresivisme tentang Perkembangan Peserta Didik. 2(2), 211–217.

Shofia Hattarina, Nurul Saila, Adenta Faradila, Dita Refani Putri, & RR.Ghina Ayu Putri. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Supriatna, U. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM KONSTELASI PROGRESIVISME (Telaah Filsafat Pendidikan John Dewey). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 337–348. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.964

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326

Syarifah. (2019). Active Learning Teach Like Finland (Sebuah Telaah Kurikulum 2013). Jurnal Qiro’ah, 9(1), 85–99.

Triyanto, Endang Fauziati, M. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Perspektif Filsafat Progresivisme ohn Dewey. 17(2), 17–23.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296

Downloads

Published

2023-05-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>