PANDANGAN PROGRESIVISME PENDIDIKAN TERHADAP KONSEP “MERDEKA BELAJAR”
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.6965Keywords:
Filsafat Progresivisme,, Merdeka BelajarAbstract
Pada dasarnya kurikulum di Indonesia setiap kali mengalami perkembang sudah berlandaskan kepada filsafat namun belum digali secara dalam. Landasan filosofis yang digunakan merupakan ide yang menarik, karena dengan landasan filosofis yang jelas maka arah dan tujuan pendidikan menjadi jelas. Seperti filsafat Progresivisme yang relevan dengan penerapan Kurikum Merdek belajar yang mana sama-sama menekankan bahwa di dalam proses pembelajaran peserta didik menjadi subjek dan guru menjadi fasilitator. Dengan demikian menjadikan peserta didik menjadi mandiri dan kreatif dalam menghadapi masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari serta siap mengikuti perkembangan zaman. Dalam penilain kurikulum Merdeka Belajar lebih mengutamakan penilaian proses dari pada penilaian hasil. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pandangan filsafat Progresivisme terhadap kurikulum merdeka belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah study literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan mengumpulkan sumber-sumber informasi yang didapatkan berasal dari buku, jurnal, dan karya ilmiah lainnya yang relevan dengan judul penelitian. Analisa data yang digunakan menurut teori Miles dan Huberman yaitu terdiri dari 3 tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kata Kunci: Filsafat Progresivisme, Merdeka Belajar.Downloads
References
Dr. H. Amka, M.Si., Filsafat Pendidikan, Nizamia Learning Center 2019, 48.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21(1): 33–54.
Fadlillah, Muhammad. 2017. “Aliran Progresivisme Dalam Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 5(1): 17–24.
Filsafat, Prespektif, and Progresivisme John. 2022. “3 1, 2, 3.” 17(2): 17–23.
Mustagfiroh, Siti. 2020. “Konsep ‘ Merdeka Belajar ’ Perspektif Aliran Progresivisme Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 3(1): 141–47.
Nabila, Nasrin. 2021. “Konsep Pembelajaran Matematika Sd Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget.” JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) 6(1): 69–79. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3574.
Novianto, Bagus. 2022. “An-Natiq Jurnal Kajian Islam Interdisipliner.” 2: 50–60.
Nursikin, Mukh. 2016. “Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan Dan Implementasinya Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” Attarbiyah 1(2): 303–34. http://attarbiyah.iainsalatiga.ac.id/index.php/attarbiyah/article/view/579.
Santika, I Gusti Ngurah, Ni Ketut Suarni, and I Wayan Lasmawan. 2022. “Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide.” Jurnal Education and development 10(3): 694–700. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3690.
Sopacua, Jems, and Muhammad Rijal Fadli. 2022. “Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Progresivisme (The Emancipated Learning Concept of Education in Progressivism Philosophy Perspective).” Potret Pemikiran 26(1): 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.