PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 1 DERSONO KABUPATEN PACITAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7959Keywords:
Kata Kunci: Matematika, Hasil Belajar, Problem Based LearningAbstract
Matematika sebagai mata pelajaran yang telah diperkenalkan kepada siswa sejak tingkat sekolah dasar untuk memebrikan bekal kepada siswa agar dapat menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan matematika. Permasalahan yang terjadi terhadap pembelajaran matematika di SDN 1 Dersono yaitu banyaknya siswa yang pasif dalam mengikuti proses pembelajaran seperti diam dan tidak mau bertanya kepada guru apabila belum mengerti. Sehingga hasil belajarnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi keliling dan luas bangun datar melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 1 Dersono sebanyak 22 siswa. Data dari penelitian ini adalah data hasil observasi dan data hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan prosentase di siklus 1 sebesar 63,6% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 86,3% dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat lebih dari 25%. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pembelajaran matematika siswa pada materi luas dan keliling bangun ruang.Downloads
References
Buku :
Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Bandung: UPI.
Jurnal :
Nurcholis. (2013). Implementasi Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Penarikan Kesimpulan Logika Matematika. JurnalElektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1)
Nurmala. 2021 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika KelasIII SDN Mangkura 4 Kota Makasar. Skripsi. Makasar. Universitas Muhammadiyah Makasar.
Rahmadani, N. N. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelasa 4 SD. Scholaria:Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3, 249–250
Wondo, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VIII semester genap dengan model problem-based learning. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 76-86.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.