PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7884Keywords:
hasil belajar, IPAS, problem based learningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 1 Jlubang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media mind mapping; dan 2) Meningkatkan hasil belajar siswa minimal 80% pada mata pelajaran IPAS. Dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain dari Kemmis & McTaggart. Sasaran dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Jlubang Kabupaten Pacitan semester 2 tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi, wawancara, dan tes evaluasi (kognitif). Hasil penelitian ini menyatakan model pembelajaran problem based learning dengan bantuan media mind mapping dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa, berdasar pada data persentase pra siklus (42%), kemudian pada siklus I (58%), dan siklus II yaitu (83%).Downloads
References
Abdiyah, Lathifah, and Subiyantoro Subiyantoro. 2021. “Penerapan Teori Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 5(2):127. doi: 10.30651/else.v5i2.6951.
Agustina, Nurul Saadah, Babang Robandi, Ika Rosmiati, and Yusuf Maulana. 2022. “Analisis Pedagogical Content Knowledge Terhadap Buku Guru IPAS Pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka.” Jurnal Basicedu 6(5):9180–87.
Hening, Banjar Mustika, Ernawati Saptaningrum, and Kiswoyo Kiswoyo. 2018. “Efektivitas Model Project Based Learning Berbantu Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV.” Janacitta (Journal of Primary and Children’s Education) 1(2):15–20. doi: 10.35473/jnctt.v1i2.44.
Putri, Rizki Harlinda, and Nyoto Hardjono. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Mind Mapping.” Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan 2(1):87–101.
Qondias, Dimas, Erna Laurensia Anu, and Irama Niftalia. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping Sd Kelas Iii Kabupaten Ngada Flores.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5(2):176. doi: 10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8590.
Setyawati, Suci, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sd.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 2(2):184–95. doi: 10.35568/naturalistic.v2i2.209.
Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2):103–14. doi: 10.32585/jkp.v2i2.113.
Tasya, Nabillah, and Agus Prasetyo Abadi. 2019. “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomedika 2019) 660–62.
Tri Pudji Astuti. 2019. “Model Problem Based Learning Dengan Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA Abad 21.” Proceeding of Biology Education 3(1):64–73. doi: 10.21009/pbe.3-1.9.
Wijanarko, Tiok, and Taofik. 2022. “Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 07(02):527–40. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6541
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.