HUBUNGAN FILOSOFI KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI DASAR KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA

Authors

  • Didi Syahrir Universitas Negeri Padang
  • Feby Kurniawana Universitas Negeri Padang
  • Vany Qhairum Nisa Utami Universitas Negeri Padang
  • Irdamurni Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7783

Keywords:

Kata Kunci: Merdeka Belajar, Kebijakan, Ki Hadjar Dewantara

Abstract

Saat ini, program pembelajaran dengan gagasan Pendidikan Gratis sedang dilaksanakan di bawah Kebijakan Belajar Gratis yang diprakarsai oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim. Kebijakan yang diprakarsai menawarkan kebebasan kepada guru untuk menciptakan sumber daya pendidikan dan memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir kritis. Artikel ini melihat bagaimana kebijakan Kebebasan Belajar saat ini mengimplementasikan gagasan Ki Hadjar Dewantara tentang "Kebebasan Pikiran, Kebebasan Tubuh, dan Kebebasan Energi" dalam sistem pendidikan. Ki Hajar Dewantara sangat mengutamakan proses pendidikan humanistik yang mendorong pemikiran kritis sehingga dapat menjadi landasan bagi istilah baru “pendidikan gratis”.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfiah, S., & Sumardjoko, B. (2017). Sri Arfiah, Bambang Sumardjoko. 27(2), 76–92.

Dalam, D. A. N., & Moral, E. (n.d.). HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA , MENURUT ISLAM. 43–62.

Dewey, J. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar ” Perspektif Aliran Progresivisme. 3(1), 141–147.

Fahrurazi, F., & Imron Rosadi, K. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Model Sistem Pendidikan Islam: Jenis Kesisteman, Konstruksi Kesisteman, Berpikir Kesisteman. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 18–30. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.411

Fitriani, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. 3(1), 25–34.

Lailatul Ilham, W. A. (2019). Wardatul Asfiyah dan Lailul Ilham URGENSI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF HADIST DAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Wardatul Asfiyah. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(1), 1–20.

Lucky, O., Silalahi, A., Guru, P., & Dasar, S. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH DASAR TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA.

Ningsih, T. (n.d.). Implementasi pendidikan karakter.

Nurindah, L., Fitriana, L., Ahid, N., & Prasetiyo, G. E. (2022). JOTE Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 1505-1511 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Kebijakan Pokok dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. 4, 1505–1511.-

Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952

Dalam, D. A. N., & Moral, E. (n.d.). HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA , MENURUT ISLAM. 43–62.

Dewey, J. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar ” Perspektif Aliran Progresivisme. 3(1), 141–147.

Fitriani, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. 3(1), 25–34.

Lucky, O., Silalahi, A., Guru, P., & Dasar, S. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH DASAR TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA.

Safitri, A. N. A. (2019). PENGARUH PENDIDIKAN GRATIS TERHADAP MOTIVASI ARTIKEL PENELITIAN OLEH :

Seputar, J., Pendidikan, P., & Naileku, D. I. S. D. K. (2021). Jurnal selidik. 2(2).

Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). Kontruksi Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Panduan Guru Ppkn di Sekolah Dasar. Civic Hukum, 7(1), 71–87.

Downloads

Published

2023-06-08

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>