PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI PERSATUAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASET LEARNING (PBL) KELAS II SDN JUNREJO II KOTA BATU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7666Keywords:
Problem Based Learning (PBL); Hasil Belajar; Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitihan ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan keterampilan dalam mengimplementasikan persatuan dan keberagaman di lingkungan rumah melalui model Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas II SDN Junrejo 02 Kota Batu. Metode penelitihan yang digunakan adalah penelitihan tindakan kelas berbasis pemberian Reward dengan dua siklus penelitihan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni 1) Perencanaan; 2) Tindakan; 3) Pengamatan; 4) Refleksi. Subjek penelitihan ini adalah Peserta didik kelas II A SDN Junrejo 02 Kota Batu sebanyak 20 peserta didik. Hasil penelitihan menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik di siklus I sebesar 35%. namun setelah pembelajaran pada siklus II diterapkan model Problem Based Learning (PBL) dan pemberian metode Reward serta guru yang lebih aktif dalam menyampaikan materi serta melakukan tanya jawab kepada peserta didik hasil prestasi belajar peserta didik meningkat menjadi 80%. Dari hasil tersebut dapat disimpukan bahwa penelitihan tindakan kelas dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II A SDN Junrejo 02 Kota Batu.Downloads
References
Masrinah, E. N., (2019, October). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasion al Pendidikan (Vol. 1, pp. 924-932).
Sariani N, Prihantini dkk. 2020 “ Belajar & Pembelajaran” Tasikmalaya : EDU PUBLISHER
Syam Suhendi, dkk. 2022 “ Belajar dan Pembelajaran” Yayasan Kita Murni
Sukaptiyah, S. (2015). Peningkatan hasil belajar PKN melalui model problem based learning pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Mongkrong, Wonosegoro. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 114-121.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1-17.
II, B. A. Peningkatan Hasil Belajar 1. Pengertian Hasil Belajar. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO 1440 H/2019 M, 7.
Febrita, I., & Harni, H. (2020). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1619-1633.
Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(30), 183-193.
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Nurchotimah, A. S. I. (2021). Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10-23.
Wijayanti, R. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Basic Education, 5(34), 3-227.
Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.